Konsep Birr al-Wālidain Perspektif Tafsir Al Misbah Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Akhlak Anak Dalam Keluarga

Noviana, Rosyi Datul Nur (2023) Konsep Birr al-Wālidain Perspektif Tafsir Al Misbah Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Akhlak Anak Dalam Keluarga. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190452_ROSYI DATUL NUR NOVIANA_PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Noviana, Rosyi Datul Nur. 2023. Konsep Birr al-Wālidain Perspektif Tafsir Al Misbah dan Relevansinya dengan Pendidikan Akhlak Anak dalam Keluarga. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing; Nur Kolis, S.Ag., M.Ag., Ph.D.

Kata Kunci: Birr al-Wālidain, Tafsir Al-Misbah, Pendidikan Akhlak Anak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemerosotan akhlak anak terhadap kedua orang tua. Sesuai ajaran Islam seharusnya anak berperilaku baik terhadap kedua orang tua. Namun kenyataanya, banyak dijumpai akhlak anak terhadap kedua orang tua yang bersikap sebaliknya. Hal tersebut perlu diantisipasi agar anak memiliki rasa tanggung jawab, sebagai anak seharusnya berperilaku yang baik kepada kedua orang tua sebagaimana yang diajarkan dalam Al-Qur’an surat Al-Ahqaf ayat 15-18 dan Luqman ayat 14 perspektif Tafsir Al-Misbah
Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui konsep Birr al-Wālidain dalam surat Al-Ahqaf ayat 15-18 dan Luqman ayat 14 perspektif Tafsir Al-Misbah dan (2) mengetahui relevansi konsep Birr al-Wālidain dalam surat Al-Ahqaf ayat 15-18 dan Luqman ayat 14 perspektif Tafsir Al-Misbah dengan pendidikan akhlak anak dalam keluarga.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian library research. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah Tafsir Al-Misbah Pesan, dan Keserasian Al-Qur’an Volume 10 dan Volume 12. Sedangkan sumber data sekunder adalah buku-buku serta hasil penelitian ilmiah lain yang relevan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah studi dokumentasi yang meliputi tahap editing, organizing, dan finding. Analisis data menggunakan teknik analisis isi
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) konsep Birr al-Wālidain perspektif Tafsir Al-Misbah dalam surat Al-Ahqaf ayat 15-18 dan Luqman ayat 14 adalah berbuat baik kepada orang tua yang diwujudkan dalam perbuatan bersyukur kepada orang tua, berkata lemah lembut, memenuhi kebutuhan orang tua, dan mendoakan orang tua. (2) Relevansi konsep Birr al-Wālidain dalam surat Al-Ahqaf ayat 15-18 dan Luqman ayat 14 perspektif Tafsir Al-Misbah dengan pendidikan akhlak anak dalam keluarga menurut Zakiah Daradjat adalah: Konsep Birr al-Wālidain relevan pada aspek pengertian pendidikan akhlak anak dalam keluarga yaitu pada hakikatnya bertujuan berbuat baik kepada orang tua diwujudkan dengan memberikan teladan kepada anak agar terbentuknya akhlak yang mulia terhadap orang tua. Konsep Birr al-Wālidain relevan pada aspek dasar pendidikan akhlak anak dalam keluarga yaitu konsep Birr al-Wālidain dapat menjadi penguat dalam dasar pendidikan akhlak anak dalam keluarga bahwa perintah berbakti kepada orang tua merupakan perintah Allah kepada seorang anak. Konsep Birr al-Wālidain relevan pada aspek tujuan pendidikan akhlak anak dalam keluarga yaitu pada hakikatnya bertujuan untuk berbuat baik kepada orang tua. Konsep Birr al-Wālidain relevan pada aspek ruang lingkup pendidikan akhlak anak dalam keluarga yaitu pada hakikatnya berisi perintah untuk berbuat baik kepada orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nur Kolis
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 May 2023 07:56
Last Modified: 23 May 2023 07:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22849

Actions (login required)

View Item View Item