Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Mengatasi Bullying Pada Siswa Di MTsN 1 Magetan

Khoirunisa, Tika (2023) Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Mengatasi Bullying Pada Siswa Di MTsN 1 Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190467_TIKA KHOIRUNISA_PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Khoirunisa, Tika. 2023. Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Mengatasi Perilaku Bullying Pada Siswa di MTsN 1 Magetan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Mukhibat, M. Ag.
Kata Kunci : Peran Guru, Perilaku, Bullying
Bullying merupakan bagian dari sikap agresif anak yang terjadi secara berulang terhadap temannya atau sesama siswa lainnya yang menyebabkan adanya korban. Di mana perilaku ini biasanya dilakukan secara tertutup atau dalam sebuah kelompok kecil yang terbatas dan seringkali tindakan tersebut dilakukan sejak mereka masih belia. Dikarenakan jenis tindakannya bersifat rahasia, maka tidak semua mengetahui peristiwa yang terjadi. Sehingga tanpa disadari perilaku tersebut menjadi suatu kebiasaan yang buruk bagi pelaku tindak bullying. Berkaitan dengan perilaku tersebut tentu seluruh guru di sekolah memiliki kewajiban untuk mengatasinya termasuk guru Akidah Akhlak. Guru Akidah Akhlak memiliki tugas yang cukup penting dalam menginternalisasikan moral yang bernilai Islam supaya dalam keseharian siswa mampu menunjukkan perilaku yang berakhlak mulia. Sehingga nilai moral agama dapat menjadi pegangan hidup, karena pada dasarnya nilai agama absolut dan berlaku sepanjang hayat yang mana tidak dipengaruhi oleh waktu, tempat, ataupun keadaan.
Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui bentuk-bentuk bullying yang terjadi pada siswa di MTsN 1 Magetan, 2) Untuk mengetahui upaya guru Akidah Akhlak dalam mengatasi perilaku bullying pada siswa di MTsN 1 Magetan.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif studi kasus. Dimana peneliti langsung datang ke lapangan untuk mengetahui fenomena yang terjadi sesuai dengan rumusan masalah yang disusun. Pengumpulan data penelitian ini melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis yang telah digunakan menurut Miles dan Huberman diantaranya: reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan atau verifikasi (data conclusion of verification).
Berdasarkan pada analisis yang dilakukan oleh peneliti, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1) Bentuk perilaku bullying yang terjadi pada siswa kelas VIII G dan VIII H di MTsN 1 Magetan yaitu bentuk bullying verbal seperti memanggil nama orang tua, mengejek, dan mengasingkan teman. 2) Upaya yang dilakukan guru Akidah Akhlak dalam mengatasi permasalahan bullying yaitu: (1) menanamkan nilai-nilai keislaman atau akhlak kepada siswa dengan membaca Al-Qur’an secara berkelompok dan mengaitkan materi pembelajaran dengan adab bergaul yang baik (akhlakul kharimah) kepada siswa, (2) menasehati siswa apabila mendapati siswa yang berperilaku kurang baik, (3) memberi teladan/ contoh yang baik kepada siswa agar berperilaku sopan dalam berucap dan berperilaku baik dengan sesama teman.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhibat
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 May 2023 07:55
Last Modified: 23 May 2023 07:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22848

Actions (login required)

View Item View Item