..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN, PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..Implementasi Akad Murabahah dalam Pembiayaan Mitra Usaha IB di PT BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo

Wulandari, Disna Septi (2023) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN, PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..Implementasi Akad Murabahah dalam Pembiayaan Mitra Usaha IB di PT BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
402190200_DISNA SEPTI WULANDARI_PERBANKAN SYARIAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Bank syariah menggunakan bermacam-macam jenis pembiayaan salah satunya dengan pembiayaan akad murabahah dan dalam jenis produknya terdapat produk bank syariah yang diminati saat ini adalah Mitra Usaha IB. Dalam pelaksanaanya terdapat pihak bank atau baitul mal sebagai penjual dan nasabah atau mudharib sebagai pembeli serta berbagai ketentuan yang diterapkan.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mekanisme peneraan akad murabahah dalam pembiayaan Mitra Usaha IB di PT BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo dan Menganalisis kendala penerapan kendala akad murabahah dalam pembiayaan Mitra Usaha IB di PT BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo serta Menganalisis Dampak penerapan akad murabahah dalam pembiayaan Mitra Usaha IB di PT BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, adapun sumber data primer dalam penelitian ini adalah wawancara. Dalam pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengolahan data dengan reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data, penulis menggunakan teknik triangulasi. Narasumber dalam penelitian ini adalah karyawan di PT BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh mekanisme akad murabahah dalam pembiayaan Mitra Usaha IB di PT BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo sudah dijalankan dengan baik dan benar berdasarkan mekanisme penyaluran pembiayaan secara umum dan teori yang telah dipaparkan. Sedangkan hasil penelitian dari kendala implementasi akad murabahah dalam pembiayaan Mitra Usaha IB terdapat 3 (tiga) kendala, pertama dari pihak bank masih banyak pembiayaan dengan jumlah besar yang langsung diberikan berupa uang bukan barang seperti pada teori dan ketentuan murabahah yang sebenarnya. Kedua gagal bayar atau telat mengangsur dari nasabah. Ketiga tidak diberitahukannya besaran margin diawal dan hanya diberitahukan total seluruh pembiayaan karena nasabah buru-buru untuk meminjam. Hasil penelitian dari dampak akad murabahah dalam pembiayaan Mitra Usaha IB di PT BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo yang ditimbulkan baik terlihat maupun tidak yakni dari pihak bank jumlah nasabah pembiayaan semakin meningkat karena bank merasa dipercaya mampu mengatasi permasalahan finansial nasabah selaku pelaku usaha dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ratna Yunita
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 May 2023 05:27
Last Modified: 23 May 2023 05:27
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22847

Actions (login required)

View Item View Item