Manajemen Pengembangan Karir Siswa Melalui Program Link and (Super) Match 8+i (Studi Kasus di SMKN 2 Ponorogo)

Alvina, Putri Nur (2023) Manajemen Pengembangan Karir Siswa Melalui Program Link and (Super) Match 8+i (Studi Kasus di SMKN 2 Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
206190057_Putri Nur Alvina_Manajemen Pendidikan Islam.pdf

Download (1MB)

Abstract

Alvina, Putri Nur. 2023. Manajemen Pengembangan Karir Siswa Melalui Program Link and (Super) Match 8+i (Studi Kasus di SMKN 2 Ponorogo). Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Muhammad Thoyib, M.Pd.

Kata Kunci: Manajemen, Pengembangan Karir Siswa, Program Link and (Super) Match 8+i.

Sekolah menengah kejuruan (SMK) merupakan lembaga pendidikan yang menyiapkan siswa untuk siap bekerja dan berwirausaha, namun tidak dapat dipungkiri bahwa terdapat beberapa anak yang memilih untuk melanjutkan studi. Setiap SMK pastinya memiliki program tersendiri untuk mempersiapkan siswanya supaya memiliki potensi berdaya saing global.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan tahapan manajemen pengembangan karir siswa melalui program link and (super) match 8+i pada Program Keahlian Kecantikan & SPA dengan (1) Perencanaan pengembangan karir siswa melalui program link and (super) match 8+i di SMKN 2, (2) Pelaksanaan pengembangan karir siswa melalui program link and (super) match 8+i di SMKN 2, dan (3) Evaluasi pengembangan karir siswa melalui program link and (super) match 8+i di SMKN 2.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data wawancara dalam penelitian ini antara lain Wakasek Kurikulum, Wakasek Humas, Ketua Program Keahlian Kecantikan & SPA, dan 2 Siswa. Teknis analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan tiga tahapan yakni, kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan peningkatan ketekunan, triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan proses tahapan manajemen pengembangan karir siswa melalui program link and (super) match 8+i dalam Program Keahlian Kecantikan & SPA di SMKN 2 Ponorogo bahwa (1) Perencanaan pengembangan karir siswa melalui program link and (super) match 8+i; a) pengetahuan dan pemahaman diri sendiri, b) Pengetahuan dan pemahaman tentang dunia kerja, c) Penalaran realistis penggabungan pemahaman diri sendiri dan dunia kerja. (2) Pelaksanaan pengembangan karir siswa melalui program link and (super) match 8+i meliputi; a) Asesmen pengumpulan data, b) Kepemimpinan, c) Sistem pendukung, dan d) Kolaborasi. Pelaksanaan pendekatan kepada siswa yaitu ceramah, diskusi kelompok, pengajaran unit, karyawisata karir, sosiodrama, informasi melalui kegiatan kurikuler, dan career days.(3) Evaluasi pengembangan karir siswa melalui program link and (super) match 8+i; a) Merumuskan dan mengidentifikasi masalah, b) Adanya tujuan dan sasaran, c) Mencatat dan menganalisis identifikasi masalah, d) Memberi alternatif solusi, e) Menindaklanjuti hasil evaluasi, f) Hasil evaluasi berupa keputusan keberlanjutan mengawasi lulusan yang belum bekerja, berwirausaha, melanjutkan studi, serta menetapkan strategi untuk mencapai keberhasilan tujuan dan sasaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Thoyib
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 May 2023 03:35
Last Modified: 23 May 2023 03:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22844

Actions (login required)

View Item View Item