Nilai-nilai Akhlak dalam Novel Janji Karya Tere Liye dan Relevansinya dengan Materi PAI dan Budi Pekerti Kelas IX Sekolah Menengah Pertama

Dianita, Galuh (2023) Nilai-nilai Akhlak dalam Novel Janji Karya Tere Liye dan Relevansinya dengan Materi PAI dan Budi Pekerti Kelas IX Sekolah Menengah Pertama. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
201190089_GALUH DIANITA_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (1MB)

Abstract

Peserta didik saat ini perlu alternatif untuk kembali menumbuhkan nilai dan pendidikan akhlak. Menumbuhkan nilai dan pendidikan akhlak tidak hanya dilakukan melalui lembaga pendidikan formal saja, tetapi juga dapat melalui media cetak seperti karya sastra berupa novel. Penelitian ini memfokuskan pada penggunaan novel sebagai media pembelajaran dalam konteks nilai dan pendidikan akhlak. Peneliti memilih novel Janji sebagai bahan penelitian karena di dalamnya banyak memuat nilai akhlak yang terkandung dalam dialog dan narasi para tokoh. Selain itu, nilai akhlak yang terdapat dalam novel memuat nilai-nilai yang diajarkan dalam agama Islam sehingga peneliti mengaitkannya dengan materi PAI dan Budi Pekerti kelas XI Sekolah Menengah Pertama yang terdiri atas akhlak jujur, menepati janji, optimis, ikhtiar dan tawakal.
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan nilai-nilai akhlak yang terkandung dalam novel Janji karya Tere Liye dan untuk mendeskripsikan Relevansi nilai-nilai akhlak dalam novel Janji Karya Tere Liye dengan materi PAI dan Budi Pekerti kelas IX Sekolah Menengah Pertama.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini adalah kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu dengan menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan content analysis. Berikut langkah-langkah content analysis, (1) membaca novel “Janji” terlebih dahulu. (2) Menentukan kutipan-kutipan yang berkaitan dengan objek penelitian. (3) Mencatat kutipan yang telah ditentukan lalu didisplay. (4) melakukan coding, memilah dan memilih data-data yang sesuai dan yang dibutuhkan. (5) Menganalisis nilai-nilai akhlak dari kutipan. (6) Menyimpulkan nilai-nilai akhlak yang terdapat dalam novel Janji.
Berdasarkan penelitian tentang nilai akhlak dalam novel Janji karya Tere Liye diperoleh hasil sebagai berikut. Pertama, nilai-nilai akhlak dalam novel Janji meliputi akhlak Mah{mu>dah terdiri atas ikhlas, ta’a>wun, jujur, menepati janji, optimis, ikhtiar dan tawakal. Akhlak tercela madhmu>mah terdiri atas membunuh, meminum khamar, ghad{ab, kezaliman, dan mencuri. Kedua, nilai akhlak yang terkandung dalam novel Janji karya Tere Liye relevan dengan materi PAI dan Budi Pekerti kelas XI Sekolah Menengah Pertama pada pembahasan Bab II tentang tentang Jujur dan Menepati Janji serta Bab VII tentang Meraih Kesuksesan dengan Optimis, Ikhtiar, dan Tawakal. Hal ini terbukti dari adanya kesesuaian antara dialog dan narasi antar tokoh, dan respon para tokoh dalam menyikapi kejadian sebuah cerita dalam novel dengan nilai akhlak jujur, menepati janji, optimis, ikhtiar dan tawakal. Sedangkan nilai akhlak mah{mu>dah ikhlas dan ta’a>wun dan nilai akhlak madhmu>mah (membunuh, meminum khamar, kezaliman, ghad{ab, dan mencuri) tidak memiliki relevansi dengan materi PAI dan Budi Pekerti kelas IX Sekolah Menengah Pertama. Hal ini karena nilai akhlak mah{mu>dah ikhlas dan ta’a>wun dan nilai akhlak madhmu>mah dalam novel Janji tidak sesuai dengan pembahasan yang terdapat dalam materi PAI dan Budi Pekerti untuk kelas IX Sekolah Menengah Pertama.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kharisul Wathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 May 2023 03:34
Last Modified: 23 May 2023 03:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22843

Actions (login required)

View Item View Item