Optimalisasi Pendistribusian Zakat Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Mustahik Di BAZNAS Kabupaten Madiun

Rochmawati, Ika (2023) Optimalisasi Pendistribusian Zakat Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Mustahik Di BAZNAS Kabupaten Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Ika Rochmawati-403190005-Manajemen Zakat dan Wakaf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Zakat merupakan salah satu sumber potensi pembangunan umat muslim dan banyak lembaga pengelola zakat tetapi tidak sedikit yang belum optimal dalam pendistribusiannya. Salah satunya adalah BAZNAS Kabupaten Madiun.
Penelitian ini difokuskan pada tiga hal yaitu, bagaimana optimalisasi pendistribusian zakat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, apa saja faktor pendukung dan penghambat pendistribusian zakat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan bagaimana dampak pendistribusian zakat di BAZNAS Kabupaten Madiun.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian lapangan (fieldreseach).Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif. Penelitian dilakukan di BAZNAS Kabupaten Madiun dengan teknik pengumpulan data menggunakankegiatan wawancara, observasi, dan wawancara.
Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan pendistribusian zakat masih belum optimal ditunjukkan bahwa pendistribusian zakat belum merata masih ada masyarakat yang termasuk ke dalam golongan 8 ashnaf belum mendapatkan zakat sebab BAZNAS Kabupaten Madiun hanya memberikan zakat kepada 20 mustahik perdesa. Faktor pendorong dalam meningkatkan kesejahteraan mustahik di BAZNAS kabupaten Madiun yaitu dengan adanya program-program BAZNAS Kabupaten Madiun dapat menarik perhatian sekaligus menjadi sosialisasi kepada masyarakat. profesionalitas SDM di BAZNAS Kabupaten Madiun, keberadaan BAZNAS Kabupaten Madiun semakin jelas, koordinasi antara BAZNAS kabupaten Madiun dengan pemerintah desa memiliki hubungan yang baik. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya pengawasan, pembinaan dan evaluasi dari BAZNAS Kabupaten Madiun dalam pendistribusian zakat, koordinasi antara BAZNAS kabupaten Madiun dengan pemerintah mengalami human error, medan jalan menuju ke rumah mustahik ada yang jalannya rusak. Sedangkan dampak pendistribusian zakat terhadap kesejahteraan mustahik di BAZNAS Kabupaten Madiun kurang efektif sebab sebagian mustahik mampu mengembangkan usahanya namun sebagian lainnya belum dapat mengembangkan usahanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muchtim Humaidi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 May 2023 03:33
Last Modified: 23 May 2023 03:33
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22840

Actions (login required)

View Item View Item