Pengaruh Nilai Impor, Nilai Ekspor Dan Jumlah Uang Beredar Terhadap Cadangan Devisa Indonesia Tahun 2015-2022

Musyarrofah, Ika Rahma (2023) Pengaruh Nilai Impor, Nilai Ekspor Dan Jumlah Uang Beredar Terhadap Cadangan Devisa Indonesia Tahun 2015-2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
401190263_IKA RAHMA MUSYARROFAH_ EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Musyarrofah, Ika Rahma. Pengaruh Nilai Impor, Nilai Ekspor, dan Jumlah Uang Beredar Terhadap Cadangan Devisa Indoesia Tahun 2015-2022. Skripsi. 2023. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Dr. Shinta Maharani, M.AK.
Kata Kunci: Impor, Ekspor, Jumlah Uang Beredar, Cadangan Devisa
Cadangan devisa menjadi bagian terpenting dalam perekonomian, terutama pada sistem ekonomi terbuka seperti adanya kegiatan ekspor dan impor. Nilai cadangan devisa dapat diperoleh dari bea cukai yang dibayaran ketika adanya perdagangan internasional. Menurut teori Keyness, faktor yang dapat mempengaruhi cadangan devisa diantaranya ialah impor dan ekspor. Pada penelitian yang dilakukan Elisa Stefani mengatakan ketika banyak uang beredar dimasyarakat, maka permintaan masyarakat terhadap barang tertentu akan mengalami peningkatan. Permintaan ini lah yang kemudian menjadi pengeluaran pemerintah, yang kemudian cadangan devisa akan dibelanjakan dan masuk menjadi pengeluaran nasional. Oleh karenanya peningkatan cadangan devisa harus dimaksimalkan. Namun pada kenyataannya pada periode tertentu nilai cadangan devisa mengalami penurunan yang disebabkan oleh tingginya nilai impor dan penurunan nilai ekspor.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji secara parsial ataupun secara simultan pengaruh nilai impor, nilai ekspor, dan jumlah uang beredar terhadap cadangan devisa Indonesia tahun 2015-2022. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Metode pengambilan data menggunakan keseluruhan dari populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan data sekunder yang diperoleh dari website resmi bank Indonesia dan BPS. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah nilai impor, nilai ekspor dan jumlah uang beredar. Dan variabel dependen pada penelitian ini adalah cadangan devisa.
Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, serta uji hipotesis berupa uji regresi linier berganda dengan menggunakan analisis Uji T, Uji F, dan Uji Koefisien Determinan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Nilai Impor berpengaruh secara parsial terhadap cadangan devisa Indonesia tahun 2015-2022 2). Nilai Ekspor tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap cadangan devisa Indonesia tahun 2015-2022 3) Jumlah Uang Beredar memiliki pengaruh terhadap cadangan devisa Indonesiatahun 2015-2022 4) secara simultan nilai impor, nilai ekspor, dan jumlah uang beredar memiliki pengaruh terhadap cadangan devisa Indonesia tahun 2015-2022.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Shinta Maharani
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 May 2023 08:44
Last Modified: 22 May 2023 08:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22829

Actions (login required)

View Item View Item