Strategi Bauran Pemasaran Produk Pembiayaan Cicil Emas Pada Bank Syariah Indonesia KCP Pare Supratman

Noviana, Dewi (2023) Strategi Bauran Pemasaran Produk Pembiayaan Cicil Emas Pada Bank Syariah Indonesia KCP Pare Supratman. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
402190195_DEWI NOVIANA_PERBANKAN SYARIAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan perbankan syariah di Indonesia yang semakin meningkat menyebabkan persaingan yang semakin ketat. Adanya persaingan tersebut menuntut bank untuk gencar memasarkan produknya. Maka, agar produknya tetap hidup, BSI menggunakan strategi pemasaran yang tepat. Tujuan dari pemasaran ini yaitu memberikan wawasan masyarakat Pare mengenai cicil emas, karena masyarakat belum melihat produk cicil emas yang baik sebagai sarana investasi.
Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui bagaimana strategi bauran pemasaran yang digunakan pada produk pembiayaan cicil emas di Bank Syariah Indonesia KCP Pare Supratman. (2) Faktor pendukung dan penghambat produk pembiayaan cicil emas di Bank Syariah Indonesia KCP Pare Supratman (3) Memberikan gambaran dampak startegi bauran pemasaran pada produk pembiayaan cicil di Bank Syariah Indonesia KCP Pare Supratman. Penelitian ini menggunakan metode penelitian melalui jenis kualitatif sedangkan dalam pengumpulan data dengan wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bank Syariah Indonnesia KCP Pare Supratman menggunakan STP (segmentation, targeting, positioning) dan bauran pemasaran (Marketing mix) yang meliputi strategi produk, harga, tempat, promosi, orang, bukti fisik, dan proses pada produk pembiayaan cicil emas. Faktor pendukung dan penghambat yang ada yaitu minimnya sosialisasi, keterbatasan sumberdaya manusia, faktor layanan bank yang belum optimal. Setelah melakukan penerapan strategi bauran pemasaran dampak yang di sampaikan oleh pihak bank yaitu dengan menerapkan bauran pemasaran: target produk cicil emas lebih terarah sehingga memudahkan marketing utuk memasarkan produk cicil emas, peningkatan jumlah volume nasabah yang signifikan.
Bank Syariah Indonesia diharapkan lebih mengaktifkan tahap-tahap strategi pemasaran di semua line dengan melihat kondisi kekuatan dan kelemahan serta perubahan lingkungan sehingga dapat mengetahui apakah strategi yang diterapkan tepat sasaran atau tidak. Sehingga lebih meningkatkan pengembangan kemampuan karyawan dalam meyakinkan masyarakat agar mempercayai industri perbankan syariah, sehingga perbankan syariah menjadi lebih baik karena bank merupakan bisnis jasa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: candra febrilyantri
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 May 2023 07:37
Last Modified: 22 May 2023 07:37
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22828

Actions (login required)

View Item View Item