Implementasi Metode Tilawati dalam Pembelajaran Al-Qur'an di TPA Ali Adam Coper Jetis Ponorogo

Candra Kirana, Tsania (2023) Implementasi Metode Tilawati dalam Pembelajaran Al-Qur'an di TPA Ali Adam Coper Jetis Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
201190283_Tsania Candra Kirana_PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kirana, Tsania Candra. 2023. Implementasi Metode Tilawati Dalam Pembelajaran
Al-Qur’an Di TPA Ali Adam Coper Jetis Ponorogo. Skripsi. Jurusan
Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut
Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Kharisul Wathoni, M.
Pd.I.
Kata Kunci: Metode Tilawati, Kemampuan Kelancaran Membaca Al-Qur’an
Dalam proses pembelajaran metode tilawati memiliki tujuan untuk dapat
memberantas buta hruf dan juga menjadikan para peseta didik yang faham dan cinta
pada al-Qur’an, tidak hanya itu saja pendidikan al-Qur’an merupakan pendidikan yang
sangat penting diajarkan kepada seluruh umat manusia dimuka bumi ini tanpa
terkecuali. Namun bisa kita lihat pada zaman sekarang ini bahwasannya tingkat
kemampuan membaca al-Qur’an pada generasi muda saat ini bisa dikatakan minim
sekali, padahal generasi muda adalah generasi penerus bangsa kedepannya, maka hal ini
lah yang membuat para orang tua harus mengajarkan anak-anaknya dengan belajar alQur’an melalui metode tilawati di Ali Adam Coper. karena dengan mereka ikut serta
dalam proses pembelajaran mereka bisa membaca al-Qur’an dengan kualitas yang baik
yang sesuai dengan makhorijul khurufnya dan juga berdasarkan ketentuan tajwid. Dari
hasil observasi yang dilakukan peneliti di TPA Ali Adam bahwasannya para peserta
didik dapat belajar membaca al-Qur’an dengan kualitas yang baik.
Penelitian ini memiliki tujuan yakni : 1) Untuk memaparkan bagaimana
implementasi dampak metode tilawati terhadap proses pembelajaran al-Qur’an di TPA
Ali Adam Coper, Jetis, Ponorogo. 2) Untuk memaparkan bagaimana implementasi
dampak kualitas guru terhadap kualitas bacaan al-Qur’an santri di TPA Ali Adam
Coper, Jetis, Ponorogo 3). Untuk memaparkan bagaimana evaluasi pembelajaran
metode tilawati di TPA Ali Adam Coper, Jetis, Ponorogo
Penelitian ini Mengunakan metode kualitatif yang mana dalam penelitian ini
peneliti akan memahai fenomena apa yang sedang dialami, sedangkan pada pencarian
datanya berupa wawancara-wawancara dari bebrapa guru dan para siswa yang ada di
TPA Ali Adam Coper. Observasi, dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka dapat ditarik suatu
kesimpulan bahwasannya: Proses pembelajaran menggunakan metode tilawati di Ali
Adam Coper, Jetis, Ponorogo dimulai pada jam 3 yang di berikan waktu kurang lebih
selama 75 menit, mulai dari pembuka hingga penutup yang manfaatnya yakni untuk
meningkatkan kualitas bacaan al-Qur'an. Dari terjadinya proses pembelajaran tilawati
ini memiliki dampak yang terjadi pada guru terhadap pembelajaran metode tilawati,
yakni menambah semangat para guru serta meningkatkan kualitas mengajarnya untuk
pembelajaran selanjutnya, selain itu dampak yang terjadi dengan adanya pembelajaran
metode tilawati bagi para peserta didik yakni, mereka bisa memiliki kualitas bacaan yang baik dengan dibuktikannya kelancaran membaca al-Qur’an para peserta didik yang
memiliki kualitas yang baik dalam kelancaran membaca yang sesuai dengan bacaan
tajwidnya, baik fasohahnya maupun ketartilannya. Sedangkan untuk evaluasi
pembelajaran metode tilawati di Madrasah Ali Adam. Dilakukan pada waktu setelah
PTS yakni 6 bulan sekali, yang isinya membahas mengenai proses belajar dan
mengevaluasi kenaikan kelas tilawati bagi para peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kharisul Wathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 May 2023 07:35
Last Modified: 22 May 2023 07:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22826

Actions (login required)

View Item View Item