Pengaruh Manajemen Sumber Daya Manusia dan Sarana Prasarana Terhadap Kompetensi Profesional Guru di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 2

Ihsan, Ichlasul (2023) Pengaruh Manajemen Sumber Daya Manusia dan Sarana Prasarana Terhadap Kompetensi Profesional Guru di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 2. Masters thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
502210019_Ichlasul Ihsan_MPI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kompetensi profesional guru adalah kemampuan guru dalam penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam yang memungkinkannya membimbing peserta didik untuk memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan observasi kegiatan belajar mengajar dan wawancara dengan staf Kulliyatu-l-Mu’alimin Al-Islamiyah (KMI) di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 2 Madusari Siman Ponorogo dijumpai beberapa problematika kompetensi profesional guru yaitu kurangnya guru dalam penguasaan materi yang diajar, metode pembelajaran yang terkesan monoton dan kurangnya penggunaan media belajar secara efektif. Peningkatan kompetensi profesional guru dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya manajemen sumber daya manusia dan manajemen sarana prasarana untuk menunjang kompetensi profesional guru.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis dan mendeskripsikan signifikansi pengaruh manajemen sumber daya manusia terhadap kompetensi profesional guru, (2) menganalisis dan mendeskripsikan signifikansi pengaruh manajemen sarana dan prasarana terhadap kompetensi profesional guru, (3) menganalisis dan mendeskripsikan signifikansi pengaruh manajemen sumber daya manusia dan sarana prasarana terhadap kompetensi profesional guru.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumlah populasi sebanyak 217 dan sampel berjumlah 141 responden. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara serta dokumentasi sebagai data pelengkap peneliti. Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana dan regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukan: (1) Manajemen sumber daya manusia berpengaruh secara signifikan terhadap kompetensi profesional guru dengan kontribusi sebesar 26,8%, (2) manajemen sarana dan prasarana berpengaruh secara signifikan terhadap kompetensi profesional guru dengan kontribusi sebesar 27,1%, (3) manajemen sumber daya manusia dan sarana prasarana berpengaruh secara signifikan terhadap kompetensi profesional guru dengan kontribusi sebesar 32,6% sementara sisanya 67,4% dipengaruhi kontribusi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Ahmadi Andhita Dessy Wulansari
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 May 2023 03:00
Last Modified: 22 May 2023 03:00
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22818

Actions (login required)

View Item View Item