Manajemen Program Madrasah Riset Dalam Pengembangan Prestasi Siswa (Studi Kasus Di MTsN 1 Ponorogo)

Laili, Henny Nur (2023) Manajemen Program Madrasah Riset Dalam Pengembangan Prestasi Siswa (Studi Kasus Di MTsN 1 Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
206190031_Henny Nur Laili_Manajemen Pendidikan Islam.pdf

Download (2MB)

Abstract

Laili, Henny Nur, 2023. Manajemen Program Madrasah Riset dalam Pengembangan Prestasi Siswa (Studi Kasus di MTsN 1 Ponorogo). Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Muhammad Thoyib, M.Pd.
Kata Kunci: Manajemen, Program Madarasah riset, Prestasi Siswa
Pada era global ini, komptensi pada dunia pendidikan semakin kompetitif, bahkan masuk pada persainagan yang tinggi. Untuk memenangkan persaingan kompetensi dan persaingan di era abad 21 ini bisa dilakukan dengan penerapan inovasi dalam dunia pendidikan. Kurangnya pengelolaan sumber daya manusia yang berkualitas pada lembaga pendidikan di Indonesia menyebabkan tingkat pendidikan di Indonesia masih dibilang rendah. Selain itu, Indonesia saat ini mengalami krisis literasi pada anak-anak muda. Dengan berbagai problematika tersebut, maka pengembangan inovasi madrasah yang unggul berbasis riset merupakan solusi yang bisa dilakukan.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Perencanaan program madrasah riset dalam pengembangan prestasi siswa di MTsN 1 Ponorogo. (2) Pelaksanaan program madrasah riset dalam pengembangan prestasi siswa di MTsN 1 ponorogo. (3) Evaluasi program Madrasah riset dalam pengembangan prestasi siswa di MTsN 1 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, dengan teknik pengumpulan data pnelitian berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan kondensi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan peningkatan ketekunan, trigulasi teknik dan trigulasi sumber.
Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa: Pertama, Perencanaan program madrasah riset dalam pengembangan prestasi siswa di MTsN 1 Ponorogo dilakukan dengan: (1). Membuat tim khusus riset untuk membantu pengelolaan program madrasah riset, (2). Menetapkan tujuan yang akan dicapai dengan membentuk kelas unggulan riset sebagai program pembelajaran riset, dan (3). Melengkapi fasilitas, sarana dan prasarana dalam proses pembelajaran riset. Kedua, Pelaksanaan program madrasah riset dalam pengembangan prestasi siswa di MTsN 1 Ponorogo dilakukan dengan: (1). Memberikan dua mata pelajaran khusus pada kelas unggulan riset yaitu riset dan computer riset, (2). Adanya kegiatan penunjang riset, seperti bedah buku, riset camp, seminar, dan program literasi, dan (3). Adanya kegiatan ektrakulikuler karya ilmiah remaja sebagai program kedua madrasah riset. Ketiga, Evaluasi program madrasah riset dalam pengembangan prestasi siswa di MTsN 1 Ponorogo dilakukan dengan: (1). Pada kelas unggulan riset proses pembelajaran riset dilakuakan 2 kali evaluasi dalam 1 tahun, (2). Evaluasi dipaparkan pada forum rapat madrasah, dan (3). Hasil evaluasi memperoleh bahwa program madrasah riset sudah berjalan dengan baik terbukti dengan banyaknya prestasi yang diperoleh dan diharapkan selanjutnya kelas-kelas riset akan semakin banyak peminatnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Thoyib
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 May 2023 01:56
Last Modified: 22 May 2023 01:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22812

Actions (login required)

View Item View Item