Peran Pemerintah Daerah Dalam Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Nelayan Di Desa Watu Karung Kabupaten Pacitan

Andini, Lilis (2023) Peran Pemerintah Daerah Dalam Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Nelayan Di Desa Watu Karung Kabupaten Pacitan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
401190272_LILIS ANDINI_EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (44MB)

Abstract

Peran pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat nelayan Desa Watu Karung Kabupaten Pacitan, memfokuskan peneliti menemukan sebuah fenomena yang mana antara teori dan realita tidak sesuai, dimana pemerintah daerah telah memfasilitasi berupa infrastruktur pelabuhan perikanan dengan harapan dapat meningkatkan kesejahteraan namun kenyataannya kurang maksimal. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk mengkaji lebih lanjut peran pemerintah daerah dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat nelayan di desa Waru Karung.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Adapun sumber data yang digunakan yaitu pemerintah daerah Kabupaten Pacitan serta masyarakat nelayan di Desa Watu Karung dan data sekunder yang diperoleh dari catatan, buku. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran pemerintah baik sebagai regulator, dinamisator, fasilitator, inovator dan katalisator sudah dapat direalisasikan dengan cukup baik. Hanya saja belum tersampaikan kepada nelayan dengan baik. Hambatan yang dihadapai oleh pemerintah dan nelayan juuga menjadi kendala belum sejahtera masyarakat nelayan desa Watu Karung. Perlu adanya kerja sama antar pemerintah dan nelayan agar dapat mencapai hasil yang maksimal dan tepat sasaran dengan maksud untuk mendorong kesejahteraan sosial masyarakat baik ekonomi, sumber daya manusia, pendidikan dan kesehatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Estu Unggul Drajat
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 May 2023 02:07
Last Modified: 22 May 2023 02:07
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22811

Actions (login required)

View Item View Item