Strategi Penanganan Pembiayaan Bermasalah Pada Produk Pembiayaan Modal Usaha Mikro di Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Ponorogo

Fahmi, Fahrian Fadhillah (2023) Strategi Penanganan Pembiayaan Bermasalah Pada Produk Pembiayaan Modal Usaha Mikro di Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
402190207_Fahrian Fadhillah Fahmi_Perbankan Syariah.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Fahmi, Fahrian Fadhillah. Strategi Penanganan Pembiayaan Bermasalah Pada Produk Pembiayaan Modal Usaha Mikro di Bank Muamalat Indonesia KCP Ponorogo. Skripsi, Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Muchtim Humaidi, S.H.I,. M.IRKH.
Kata Kunci: Strategi Penanganan, Pembiayaan Bermasalah
Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Ponorogo dalam penanganan pembiayaan bermasalah sudah berjalan, akan tetapi pembiayaan bermasalah tetap sering terjadi, Pembiayaan bermasalah memberikan dampak kurang baik bagi bank syariah. Semakin besar pembiayaan bermasalah yang dihadapi oleh bank, maka akan menurunkan tingkat kesehatan operasional bank tersebut. Penurunan mutu pembiayaan dan tingkat kesehatan bank akan berpengaruh pada likuiditas keuangan dan solvabilitas bank.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana strategi penanganan pembiayaan bermasalah, kendala penanganan pembiayaan bermasalah, dan dampak penanganan pembiayaan bermasalah pada produk pembiayaan modal usaha mikro. Dalam penyusunan skripsi ini penulis mengunakan metode penelitian lapangan (field research), penelitian ini mengunakan pendekatan deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan cara melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: strategi penanganan pembiayaan bermasalah pada produk pembiayaan modal usaha mikro adalah pihak bank terlebih dahulu melakukan pendekatan kepada nasabah dan penagihan intensif, setelah itu restrukturisasi dengan rescheduling, reconditioning dan yang terakhir eksekusi jaminan. Kendala dalam penanganan pembiayaan bermasalah pada produk modal usaha mikro di Bank Muamalat Indonesia KCP Ponorogo mencakup 2 faktor yaitu faktor eksternal dan faktor internal, adapun faktor eksternal disebabkan dari nasabah yaitu adanya penolakan dari nasabah, nasabah menghindar dan karakter nasabah yang buruk, dari faktor internal adalah SDM yang minim, komunikasi yang kurang intens, kurang telitinya petugas dalam melakukan analisis kelayakan nasabah. Sedangkan dampak dari penanganan pembiayaan bermasalah pada produk modal usaha mikro di Bank Muamalat Indonesia KCP Ponorogo masih kurang efektif karena masih ada nasabah yang mengalami pembiayaan bermasalah, namum demikian pihak bank tetap mengupayakan agar penanganan pembiayaan bermasalah dapat memberikan dampak pada profitabilitas bank, menurunkan NPF, memperbaiki sistem SID bank, dan agar nasabah terhindar dari hutang bank.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muchtim Humaidi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 May 2023 01:51
Last Modified: 22 May 2023 01:51
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22804

Actions (login required)

View Item View Item