Pengaruh Motivasi Kerja, Disiplin Kerja Dan Pelatihan Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada Sentra Kerajinan Kulir Di Magetan

Purnamawati, Ika Ratna (2023) Pengaruh Motivasi Kerja, Disiplin Kerja Dan Pelatihan Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada Sentra Kerajinan Kulir Di Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
401190264_Ika Ratna Purnamawati_Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Purnamawati, Ika Ratna. Pengaruh Motivasi Kerja, Disiplin Kerja Dan Pelatihan Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada Sentra Kerajinan Kulit Di Magetan. Skripsi. 2023. Jurusam Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Dr. Shinta Maharani, M.AK.
Kata Kunci: Motivasi Kerja, Disiplin Kerja, Pelatihan, Produktivitas Kerja

Sumber daya manusia adalah aset yang penting dalam suatu usaha untuk meningkatkan produktivitas tenaga kerja. Menurut teori faktor- faktor yang mempengaruhi produktivitas kerja antara lain motivasi kerja, disiplin kerja, dan pelatihan.Apabila produktivitas tenaga kerja tinggi maka tingkat produktivitas perusahaan akan tinggi rencana produksi perusahaan dapat tercapai, begitu juga sebaliknya apabila tingkat kualitas dari tenaga kerja itu rendah maka tingkat produktivitas tenaga kerja akan akan sulit untuk dicapai. Produktivitas tenaga kerja akan meningkat apabila pemberian motivasi, disiplin kerja dan pelatihan seimbang dengan tenaga kerja yang dikeluarkan maka akan membuat karyawan dapat bekerja dengan maksimal. Namun pada kenyataan di Sentra Kerajinan Kulit di Magetan ini banyak tenaga kerja yang masih kurangya motivasi dari atasan, tidak disiplin dalam kerja banyak yang telat dan pelatihan yang jarang dilakukan sehingga minimnya pengetahuan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji secara persial maupun secara simultan pengaruh motivasi kerja, disiplin kerja dan pelatihan terhadap produktivitas tenaga kerja pada Sentra Kerajinan Kulit di Magetan. Penelitian menggunakan metode kuantitatif. Metode pengambilan menggunakan sampel sensus. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Variabel independen yang digunakan yaitu motivasi kerja, disiplin kerja dan pelatihan. Sedangkan variabel dependen produktivitas tenaga kerja.
Teknik analisis data yang digunakan validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, serta uji hipotesis yang terdiri dari uji regresi linier sederhana dan berganda, uji R square, uji F, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Motivasi kerja tidak berpengaruh secara persial terhadap produktivitas tenaga kerja 2). Displin kerja berpengaruh secara persial terhadap produktivitas tenaga kerja 3). Pelatihan berpengaruh secara persial terhadap produktivitas tenga kerja. 4). Secara simultan motivasi kerja, displin kerja dan pelatihan berpengaruh terhadap produktivitas tenaga kerja.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Shinta Maharani
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 May 2023 02:05
Last Modified: 22 May 2023 02:05
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22796

Actions (login required)

View Item View Item