Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Sekitar Obyek Wisata Pantai Pangasan Desa Kalipelus Kabupaten Pacitan

Setyaningsih, Laela Agus (2023) Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Sekitar Obyek Wisata Pantai Pangasan Desa Kalipelus Kabupaten Pacitan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
401190269_Laela Agus Setyaningsih_Ekonomi Syariah.pdf

Download (894kB)

Abstract

Setyaningsih, Laela Agus. Upaya Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Sekitar Obyek Wisata Pantai Pangasan Desa Kalipelus Kabupaten Pacitan. Skripsi. 2023. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Insitut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Unun Roudlotul Janah, M.Ag
Kata kunci: Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat, Pengembangan Pariwisata, Pantai Pangasan
Kepedulian dan komitmen serta peran pemerintah dalam upaya pemberdayaan masyarakat di bidang kepariwisaaan yang menyebutkan bahwa dampak yang terjadi akibat dari pengembangan pariwisata berupa peningkatan lesejahteraan masyarakat, pengurangan angka pengangguran, serta pelestarian lingkungan hidup. Kondisi masyarakat desa yang kebanyakan merantau dan kerja di luar wilayah lain menyebabkan perekonomian desa tidak maksimal. Maka dengan dibukanya tempat pariwisata menjadi lapangan kerja baru untuk masyarakat desa khusunya anak muda dan ibu rumah tangga. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk mengkaji lebih lanjut upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat sekitar obyek wisata Pantai Pangasan Desa Kalipelus Kabupaten Pacitan. Sehingga dapat dirumuskan masalah yaitu Bagaimana upaya yang dilakukan pemerintah dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat?, Bagaimana hambatan yang dihadapi pemerintah dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat? serta Bagaimana dampak pemberdayaan ekonomi masyarakat?
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Adapun sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dari Kepala Desa Kalipelus, Ketua PODARWIS, Masyarakat, serta Pedagang dan sumber data sekunder dari dokumen profil Desa Kalipelus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa upaya yang dilakukan pemerintah dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui pengembangan pariwisata Pantai Pangasan di Kabupaten Pacitan sudah berjalan dan menghasilkan respon positif dari masyarakat melalui 3 tahapan yakni, penyadaran, pengkapasitasan, dan pendayaan sehingga masyarakat harus memahami bahwa wisata Pantai Pangasan ini sebagai wadah fasilitas potensi untuk pemberdayaan masyarakat. Hambatan yang dihadapi pemerintah dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui pengembangan pariwisata Pantai Pangasan di Kabupaten pacitan yaitu keterbatasan anggarandimana pemerintah Desa Kalipeus tidak mampu melakukan suatu kegiatan yang melibatkan masyarakat maupun pihak swasta tanpa dana yang mencukupi, keterbatasan sumber daya manusia yang terkendala akibat sumberdaya manusia yang tidak memadai, dan kondisi masyarakat yang majemuk karena menata dan mengkomunikasikan segala sesuatunya terhadap masyarakat yang majemuk tersebut. Dampak pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui pengembangan pariwisata Pantai Pangasan di Kabupaten Pacitan cukup mampu meningkatkan pendapatan masyarakat, mengurangi jumlah pengangguran, meningkatkan kemandirian dan kapasitas masyarakat dalam bidang usaha.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Unun Roudlotul Janah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 May 2023 01:43
Last Modified: 22 May 2023 01:43
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22793

Actions (login required)

View Item View Item