..(LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PENGESAHAN, UPLOAD ULANG)...Manajemen Kearsipan dalam Menunjang Kegiatan Administrasi Bidang Tata Usaha di SMKN 2 Ponorogo

Dilla, Elin Anisa (2023) ..(LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PENGESAHAN, UPLOAD ULANG)...Manajemen Kearsipan dalam Menunjang Kegiatan Administrasi Bidang Tata Usaha di SMKN 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
206190020_ELIN ANISA DILLA_MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM-1.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dilla, Anisa Elin. 2023. Manajemen Kearsipan dalam Menunjang Kegiatan Administrasi Bidang Tata Usaha Di SMKN 2 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Willis Werdiningsih, M.Pd.I.

Kata Kunci: Manajemen Kearsipan, Administrasi Bidang Tata Usaha
Dalam pelaksanaan kegiatan sekolah, pengelolaan kearsipan adalah sumber informasi dalam perencanaan, pengorganisasian, dan pengevaluasian yang akan dijadikan pedoman dalam pengambilan keputusan. Manajemen kearsipan mempengaruhi kegiatan administrasi bidang tata usaha, adanya manajemen kearsipan yang baik pihak sekolah lebih mudah mendapatkan arsip yang diperlukan melalui bidang tata usaha. Seperti halnya di SMKN 2 Ponorogo yang memiliki tenaga administrasi khusus. Dalam pengelolaan arsip, arsip tertata rapi dengan kode tertulis secara jelas hal ini memberikan kemudahan bagi anggota tata usaha ketika membutuhkan arsip saat diperlukan. Maka dari itu, peneliti akan mengkaji lebih dalam mengenai manajemen kearsipan pada bidang tata usaha di SMKN 2 Ponorogo.
Berdasarkan uraian singkat di atas, peneliti bermaksud akan mengadakan penelitian dengan tujuan sebagai berikut: (1) Mengetahui tahap penciptaan arsip dan pengurusan arsip dalam menunjang kegiatan administrasi bidang tata usaha di SMKN 2 Ponorogo;(2) Mengetahui tahap penggunaan dan pemeliharaan arsip dalam menunjang kegiatan administrasi bidang tata usaha di SMKN 2 Ponorogo;(3) Mengetahui tahap penentuan nasib akhir arsip dalam menunjang kegiatan administrasi bidang tata usaha di SMKN 2 Ponorogo;(4) Mengetahui implementasi penerapan manajemen kearsipan dalam menunjang kegiatan administrasi bidang tata usaha di SMKN 2 Ponorogo.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode kualitatif yang mana pengambilan data dilakukan melalui wawancara mendalam, dokumentasi dan observasi. Partisipan peneliti berasal dari ketua dan staf bagian tata usaha serta salah satu dewan guru di SMKN 2 Ponorogo. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan model kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan analisis data ditemukan hasil sebagai berikut: (1) Tahap penciptaan arsip dilakukan oleh pihak internal dan eksternal. Sedangkan dalam pengurusan arsip secara langsung dilakukan oleh bagian TU;(2) Tahap penggunaan arsip di SMKN 2 Ponorogo semua pihak diperbolehkan namun harus dengan perantara staf TU. Sedangkan dalam pemeliharaan arsip dilakukan dengan sistem penyimpanan arsip yaitu penyimpanan soft file dan hard file;(3) Tahap penentuan nasib akhir arsip. Jika arsip masih diperlukan maka akan disimpan, namun untuk arsip yang tidak diperlukan maka akan dibakar;(4) Dengan adanya manajemen kearsipan arsip yang ada pada bagian tata usaha lebih tertata dan tersimpan rapi sehingga sewaktu-waktu arsip dibutuhkan mudah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wilis Werdiningsih
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 May 2023 01:40
Last Modified: 22 May 2023 01:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22792

Actions (login required)

View Item View Item