Analisis Pembacaan Surat Yasin dan Ayat Kursi dalam Tradisi Bersih Desa (Studi Living Qur'an di Desa Kepuhrejo Kecamatan Takeran Kabupaten Magetan)

Farqiyah, Nuzula Lailatul (2023) Analisis Pembacaan Surat Yasin dan Ayat Kursi dalam Tradisi Bersih Desa (Studi Living Qur'an di Desa Kepuhrejo Kecamatan Takeran Kabupaten Magetan). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
301190052_Nuzula Lailatul Farqiyah_IAT.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Nuzula Lailatul Farqiyah. 2023. Analisis Pembacaan Yasin dan Ayat Kursi dalam Tradisi Bersih Desa (Studi Living Qur’an di Desa Kepuhrejo Kecamatan Takeran Kabupaten Magetan). Skripsi, Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Muh. Tasrif, M.Ag.
Kata Kunci: Surat Yasin, Ayat Kursi, Tradisi Bersih Desa.
Penelitian ini di latar belakangi oleh fenomena Muslim dalam berinteraksi dengan Al-Qur’an melalui cara diperdengarkan, disakralkan, serta dipraktikkan pada hampir seluruh kegiatan sehari-hari hingga acara seremonial ceremonial di berbagai lapisan masyarakat lokal maupun internasional. Untuk mengungkapkan hal tersebut, peneliti merumuskan masalah, yaitu bagaimana praktik pembacaan Surat Yasin, Ayat Kursi, serta makna dalam tradisi Bersih Desa menurut masyarakat Desa Kepuhrejo Kecamatan Takeran Kabupaten Magetan.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif melalui metode living Qur’an. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi dengan menggunakan teknik analisis interaktif dari Matthew B.Miles dan A. Michael Huberman dengan 3 tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi/kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; Pertama, praktik pembacaan surah Yasin dan ayat Kursi yang dilakukan warga desa dalam tradisi Bersih Desa di Desa Kepuhrejo Kecamatan Takeran Kabupaten Magetan mempunyai 3 tahapan prosesi. 1) Pra Tradisi, yang berisi niat dan membaca basmallah, membaca istighfar, membaca kalimat syahadat dan membaca tawassul. 2) Saat Tradisi, membaca surah Yasin, membaca ayat Kursi dan membaca tahlil. 3) Akhir Tradisi, pembacaan doa penutup dan makan Bersama. Kedua, makna dari pembacaan surah Yasin dan ayat Kursi dalam tradisi Bersih Desa di Desa Kepuhrejo Kecamatan Takeran Kabupaten Magetan adalah mencapai kedekatan dan ketaatan kepada Allah SWT serta untuk mendapatkan ridha-Nya, memberikan keberkahan serta diyakini dapat memberikan perlindungan bagi pembacanya dari bahaya dan musibah, dan sebagai upaya pengobatan alternatif bagi banyak orang yang mengalami berbagai macam masalah kesehatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muh. Tasrif
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 May 2023 07:52
Last Modified: 19 May 2023 07:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22788

Actions (login required)

View Item View Item