Cahyani, Aprilia Eka (2023) Manajemen Program Keterampilan Multimedia pada Madrasah Unggul (Studi Kasus MAN 1 Magetan). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
206190008_APRILIA EKA CAHYANI_MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan memiliki peran penting dalam pengembangan keterampilan peserta diidk. Madrasah menjadi salah satu lembaga pendidikan formal yang memberikan bekal pada peserta didik yang bukan hanya dengan kemampuan kognitif berupa kemampuan agama khususnya, tetapi juga memberikan bekal peserta didik dengan kemampuan hidup lainnya, seperti keterampilan yang mana mampu menjadi bekal peserta didik untuk terjun berdampingan dengan masyarakat.
Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan dan menganalisis manajemen program keterampilan multimedia melalui (1) perencanaan program keterampilan multimedia di MAN 1 Magetan. (2) Pelaksanaan program keterampilan multimedia di MAN 1 Magetan. (3) Evaluasi program keterampilan multimedia di MAN 1 Magetan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dengan menggunakan teknik pengumpulan data penelitian berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data wawancara penelitian ini diantaranya Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum, Koordinator Program Keterampilan, Guru Program Keterampilan Multimedia. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan verivikasi data untuk memperoleh kesimpulan dari data yang dikumpulkan.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Perencanaan program keterampilan multimedia di MAN 1 Magetan dimulai dengan menentukan komponen-komponen pelaksanaan program yaitu dengan merumuskan tujuan program, menyusun kurikulum, pemilihan guru pendidik, pemilihan peserta didik program keterampilan multimedia, pengadaan sarana prasarana penunjang pembelajaran, dan pembiayaan pelaksanaan program madrasah mendapatkan anggaran pelaksanaan dari pemerintah, tetapi madrasah tetap memberikan anggaran tersendiri dalam pelaksanaan program keterampilan multimedia. (2) Pelaksanaan program keterampilan multimedia di MAN 1 Magetan mengacu pada SK Dirjen Pendidikan Islam tahun 2020. Program keterampilan multimedia dilaksanakan dalam proses pembelajaran dengan menggunakan dua metode pembelajaran, yaitu metode pembelajaran teori dan metode pembelajaran praktik. Madrasah juga bekerjasama dengan beberapa mitra dalam pelaksanaan program keterampilan multimedia. (3) Evaluasi pelaksanaan program keterampilan multimedia di MAN 1 Magetan dilakukan dengan dua macam evaluasi, yaitu evaluasi pelaksanaan program keterampilan multimedia dan evaluasi pembelajaran program keterampilan multimedia. Evaluasi program dilakukan dengan mengadakan rapat bersama dengan stakeholder madrasah setiap satu semester sekali. Evaluasi pembelajaran dilakukan oleh guru pendidik yang dilaksanakan pada tengan semester dan akhir semester. Selain itu, dengan adanya pelaksanaan evaluasi ini dapat diketahui apa saja dampak dari pelaksanaan program keterampilan multimedia di MAN 1 Magetan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Ahmadi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 19 May 2023 02:19 |
Last Modified: | 19 May 2023 02:19 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22784 |
Actions (login required)
View Item |