...(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Manajemen Hubungan Masyarakat Untuk Meningkatkan Reputasi Madrasah (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Ma'arif Al-Mukarrom Ponorogo)

Kartika, Ekky Yuni (2023) ...(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Manajemen Hubungan Masyarakat Untuk Meningkatkan Reputasi Madrasah (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Ma'arif Al-Mukarrom Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
206190019_Ekky Yuni Kartika_Manajemen Pendidikan Islam.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Kartika, Ekky Yuni. 2023. Manajemen Hubungan Masyarakat untuk Meningkatkan Reputasi Madrasah (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Ma’arif Al-Mukarrom Ponorogo). Skripsi Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Athok Fuadi, M.Pd.
Kata Kunci: Manajemen Humas, Reputasi Madrasah, Hubungan antara Humas dengan Reputasi
Manajemen hubungan masyarakat yang baik pada suatu lembaga pendidikan akan berdampak pada meningkatnya mutu pendidikan. Kerjasama antara masyarakat dan lembaga sekolah yang diharapkan dapat berjalan dengan baik, sehingga terbentuk citra positif yang akan mengembangkan reputasi madrasah. Reputasi merupakan kesesuaian aplikasi visi dan misi lembaga yag tertuang dalam identitas yang diwujudkan dalam aktifitas keseharian dan dipersepsi oleh publik eksternal dan internal lembaga Pendidikan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen hubungan masyarakat untuk meningkatkan reputasi madrasah di MA Ma’arif Al-Mukarrom Ponorogo yang meliputi, perencanaan humas madrasah, strategi humas untuk meningkatkan reputasi, dan faktor humas untuk meningkatkan reputasi.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang mana data yang dikumpulkan bukan berupa angka melainkan berupa naskah wawancara, catatan lapangan, gambaran-gambaran, dalam memperoleh data yang lebih akurat. Maka dari itu peneliti menggunakan penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menyimpukan bahwa: (1) Perencanaan manajemen humas di MA Ma’arif Al-Mukarrom, yaitu menerapkan tujuan dengan melibatkan seluruh warga pendidikan, merangkai konsep kehumasan dalam pelaksanaan kegiatan, dan merencanakan program kerja kehumasan untuk menjalin relasi. (2) Strategi untuk meningkatkan reputasi madrasah di MA Ma’arif Al-Mukarrom, yaitu publikasi kegiatan dan prestasi, memanfaatkan beberapa media untuk menyebarkan informasi, dan menjalin hubungan dengan wali murid/masyarakat. (3) Faktor untuk meningkatkan reputasi di MA Ma’arif Al-Mukarrom, yaitu pertama ada faktor pendukung yang meliputi madrasah memiliki akreditasi A, pemanfaatan forum alumni, perluasan relasi, penggunaan aku media secara aktif, dukungan dan fasilitas dari madrasah, dan kepercayaan penuh dari masyarakat. Kedua, ada faktor penghambat yang berupa kurangnya sumber daya manusia dan kendala teknis pada saat pelaksanaan kegiatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Athok Fu'adi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 May 2023 02:13
Last Modified: 19 May 2023 02:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22778

Actions (login required)

View Item View Item