...(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Peran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja dan Profesionalisme Guru di MIN 1 Ponorogo

Sulistyowati, Ayu (2023) ...(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Peran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja dan Profesionalisme Guru di MIN 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
206190011_Ayu Sulistyowati_Manajemen Pendidikan Islam.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Sulistyowati, Ayu. 2023. Peran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja dan Profesionalisme Guru di MIN 1 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Athok Fu’adi, M. Pd.
Kata Kunci: peran kepala madrasah, kinerja, profesionalisme guru, MIN 1 Ponorogo.
Kepala madrasah sebagai pengendali dan penentu arah kebijakan madrasah bertanggung jawab dalam maju mundurnya madrasah yang dipimpinnya. Salah satu peran kepala madrasah ialah kepala madrasah sebagai manajer dan supervisor pendidikan. Dalam melaksanakan perannya sebagai manajer maupun supervisor pendidikan, seorang kepala madrasah membutuhkan adanya dukungan dan kerjasama yang baik antar warga madrasah, salah satunya yaitu kerjasama dengan para guru.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis peran kepala madrasah sebagai manajer di MIN 1 Ponorogo, memaparkan dan menganalisis peran kepala madrasah sebagai supervisor di MIN 1 Ponorogo, serta menjelaskan dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi kepala madrasah dalam melaksanakan perannya sebagai manajer dan supervisor dalam meningkatkan kinerja dan profesionalisme guru di MIN 1 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan datanya berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan empat tahapan, yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan pengecekan keabsahan datanya menggunakan ketekunan pengamatan dan triangulasi data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran kepala madrasah sebagai manajer yaitu (a) melakukan pemberdayaan terhadap tenaga pendidik dan kependidikan, (b) memberikan kesempatan kepada tenaga pendidik dan kependidikan untuk mengembangkan profesinya, (c) bersikap partisipatif dan melibatkan seluruh warga madrasah dalam berbagai kegiatan, (d) kepemimpinan kepala madrasah yang dapat dijadikan tauladan. Peran kepala madrasah sebagai supervisor yaitu (a) melakukan kegiatan supervisi terhadap guru maupun perangkat pembelajarannya, (b) mengadakan rapat evaluasi secara rutin dengan tenaga pendidik dan kependidikan, (c) melakukan pembicaraan individual dalam rangka pemberian bimbingan dan arahan terhadap para guru, (d) melakukan kegiatan pembinaan terhadap guru. Faktor pendukungnya yaitu (a) motivasi yang diberikan oleh kepala madrasah terhadap para guru, (b) kepemimpinan yang efektif dari kepala madrasah, (c) kegiatan supervisi yang dilakukan secara rutin, (d) kelengkapan dokumen instrumen supervisi. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu (a) kurang terpenuhinya sarana dan prasarana madrasah, (b) ketidaksesuaian keahlian guru dengan bidang mengajar, (c) terbatasnya waktu mengajar dan kurang bervariasinya media pembelajaran yang digunakan oleh guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Athok Fu'adi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 May 2023 02:10
Last Modified: 19 May 2023 02:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22777

Actions (login required)

View Item View Item