Konsep Parenting dalam Al-Qur’an (Studi Analisis Kisah Maryam Binti ‘Imran)

'Azami, Syukriya (2023) Konsep Parenting dalam Al-Qur’an (Studi Analisis Kisah Maryam Binti ‘Imran). Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

[img]
Preview
Text
301190075_Syukriya 'Azami_Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta sosial yang dilansir dari KEMENPPPA mulai tanggal 29 April 2020 sampai tanggal 25 Juni 2020 yang telah menerima aduan sebanyak 151 laporan masuk terkait kasus kekerasan fisik yang dilakukan orang tua terhadap anak. Hal ini menunjukkan bahwa masih banyak orang tua yang belum mengetahui tata cara mengasuh anak dengan baik dan benar serta sesuai dengan ajaran Al-Qur’an.
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan nilai-nilai parenting yang terkandung di dalam kisah Maryam binti ‘Imran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian library research yang menggunakan pendekatan penafsiran Al-Qur’an dengan metode penelitian tafsir mawdu‘i. Sumber data dalam penelitian ini adalah Al-Qur’an, kitab-kitab tafsir serta beberapa literatur yang terkait dengan parenting. Kemudian data dan informasi yang sudah lengkap akan dianalisis menggunakan metode analisis konten (content analysis).
Adapun hasil dari penelitian ini yaitu (1) Dalam Al-Qur’an setidaknya ada lima ayat yang berbicara tentang parenting kisah Maryam binti ‘Imran dan kesemuanya itu ada dalam QS. Ali ‘Imran. Ayat-ayat tersebut adalah QS. Ali ‘Imran ayat 32, 33, 35, 36, dan 37. (2) Beberapa point konsep parenting dari kisah Maryam binti ‘Imran adalah taat kepada Allah dan Rasul-Nya, memilih pasangan yang sholih/sholihah, bernadzar agar janin yang dikandung menjadi anak yang sholih/sholihah, menerima dengan penuh rasa syukur atas anak yang lahir baik laki-laki maupun perempuan, memberi nama yang baik, berdoa kepada Allah supaya anak yang lahir dilindungi dari godaan dan tipu daya syaitan, serta memberikan pendidikan akal, fisik, ruhani, dan lingkungan yang baik bagi anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mayrina Eka Prasetyo Budi
Location: Ponorogo
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 May 2023 02:02
Last Modified: 19 May 2023 02:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22773

Actions (login required)

View Item View Item