Urgensi Halal Food di Daerah Minoritas Muslim (Studi pada Masyarakat Karangasem Bali)

Saputri, Farida Ayu (2023) Urgensi Halal Food di Daerah Minoritas Muslim (Studi pada Masyarakat Karangasem Bali). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
FARIDA AYU SAPUTRI 401190251.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Karangasem Bali merupakan daerah dengan tingkat mayoritas nonmuslim tinggi. Tercatat 557.277 penduduk Karangasem yang memeluk agama Hindu dan 20.673 memeluk agama Islam. Dengan jumlah populasi tersebut maka masyarakat muslim merasa kesusahan saat mencari produk halal. Sebab masyarakat Muslim harus menempuh jarak yang cukup jauh untuk mendapat produk halal.
Penelitian ini bertujuan untuk menggali tentang Urgensi Halal Food di daerah minoritas muslim. Adapun teknik yang digunakan peneliti yakni penelitian yang memiliki sifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode deskriptif memiliki tujuan sebagai solusi untuk memecahkan suatu permasalahan secara sistematis dan faktual terkait fakta ataupun fenomena yang ada.
Hasil penelitian ini menujukkan bahwa masyarakat muslim Karangasem Bali, sudah berupaya untuk memprioritaskan produk halal untuk konsumsi sehari-hari. Terkait ketersediaan produk yang telah tersertifikasi halal yang ada di daerah Karangasem Bali sangat jarang. Walaupun terdapat beberapa kedai atau makanan yang telah tersertifikasi halal, namun pemilik kedai atau produk makanan tersebut dari penduduk nonmuslim. Minat masyarakat muslim untuk menjadi pemohon sertifikat halal terbilang minim. Pemerintah Karangasem Bali memaksimalkan sosisalisasi untuk mendukung produk halal yang dihasilkan oleh pelaku usaha muslim. Masyarakat lebih selektif dalam mencari produk halal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Shinta Maharani
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 May 2023 01:49
Last Modified: 19 May 2023 01:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22769

Actions (login required)

View Item View Item