Perilaku Konsumen Pada Generasi Z Dalam Berbelanja Online Di Desa Jambon Kabupaten Ponorogo Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam

Kusumaningsih, Luluk (2023) Perilaku Konsumen Pada Generasi Z Dalam Berbelanja Online Di Desa Jambon Kabupaten Ponorogo Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
401190107_Luluk Kusumaningsih_Ekonomi Syariah.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perilaku konsumen dalam perspektif Islam merupakan suatu kegiatan manusia yang ada kaitannya dengan membeli serta menggunakan barang maupun jasa dengan memperhatikan ajaran Islam, dan dapat digunakan sebagai sarana beribadah kepada Allah SWT. Konsumsi dalam ekonomi Islam adalah memenuhi kebutuhan secara jasmani maupun rohani sehingga dapat memaksimalkan fungsi kemanusiaanya sebagai hamba Allah SWT untuk mendapatkan kebahagiaan dan kesejahteraan di dunia dan akhirat. Menurut data awal yang peneliti peroleh, kegiatan konsumsi yang dilakukan oleh generasi z desa Jambon kurang sesuai dengan syariat Islam yaitu tentang kesederhanaan, generasi z desa Jambon yang mayoritas muslim sangat taat dan patuh terhadap ajaran Islam, tetapi dalam segi membeli barang di toko online generasi z desa Jambon sering tidak memperhatikan aturan konsumsi yang sesuai dengan syariat Islam.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku konsumen pada generasi z dalam berbelanja online, menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi generasi z dalam berbelanja online, menganalisis dampak perilaku konsumen dalam berbelanja online terhadap gaya hidup generasi z. Metode dan jenis pendekatan yang dilakukan peneliti dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Jenis pendekatan yang dilakukan yaitu penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah wawancara dan observasi.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Perilaku konsumsi yang dilakukan generasi z desa Jambon dalam berbelanja online tidak sesuai dengan syariat Islam, seperti dalam membelanjakan harta untuk kebaikan dan menjauhi sifat kikir, tidak melakukan kemubadziran, dan kesederhanaan karena generasi z desa Jambon dalam melakukan berbelanja online hanya ingin memenuhi keinginannya bukan karena kebutuhan. 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi generasi z dalam berbelanja online adalah kemudahan, harga yang relatif murah, banyak pilihan, dan efektifitas. 3) Dampak perilaku konsumen dari berbelanja online terhadap gaya hidup generasi z desa Jambon antara lain, menimbulkan kecemburuan sosial antar masyarakat, membuat keuangan semakin menipis, mempersemit keinginan untuk menabung sehingga tidak memikirkan masa yang akan datang, membuat orang hanya memikirkan dirinya sendiri dan tidak melihat kehidupan orang lain karena sibuk memikirkan keinginannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Hanik Fitriani
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 May 2023 08:33
Last Modified: 17 May 2023 08:33
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22765

Actions (login required)

View Item View Item