..(TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG)..PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MOTIVATOR DALAM MENINGKATKAN PRESTASI NON AKADEMIK PESERTA DIDIK DI SMPN 2 JETIS

Miftahurrizki, Hanifah (2023) ..(TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG)..PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MOTIVATOR DALAM MENINGKATKAN PRESTASI NON AKADEMIK PESERTA DIDIK DI SMPN 2 JETIS. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
206190029 HANIFAH MIFTAHURRIZKI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam kehidupan sehari-hari dengan mudah kita temui orang-orang yang berhasil dalam usahanya di samping juga orang-orang lain mengalami kegagalan. Keberhasilan dan kegagalan itu tdak selamanya disebabkan oleh perbedaan kemampuan yang mereka miliki tetapi justru lebih sering disebabkan oleh perbedaan motivasi. Kepala sekolah memegang kendali serta peranan penting dalam mempengaruhi dan mengararahkan dalam pemberian informasi maupun motivasi agar peserta didik sadar bahwa kegiatan non akademik sangat berperan penting dan menjadi nila positif untuk mewujudkan prestasi non akademik baik untuk peserta didik maupun sekolah
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang peran kepala sekolah sebagai motivator dalam meningkatkan prestasi non akademik peserta didik yang didapat dari proses Perencanaan, Pelaksanaan, serta Hasil dari peran kepala sekolah sebagai motivator dalam meningkatkan prestasi non akademik peserta didik di SMPN 2 Jetis.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulanan data penelitian berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data wawancara dalam penelitian ini antara lain Kepala sekolah, Waka Kesiswaan, Pelatih kegiatan ekstrakulikuler dan peserta didik. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan empat tahapan, yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian yang didapatkan pada meliputi adanya (1) perencanaan yang dilakukan melalui upaya pembagian jadwal kegiatan ekstakulikuler, keterilibatan waka kesiswaan dan pelatih serta tujuan yang akan dicapai. (2) pelaksanaan dengan pemberian motivasi kepada peserta didik, baik berupa reward, ucapan, mapun peringatan serta pemenuhan failitas kegiatan ekstrakulikuler yang ada. (3) hasil dari peran kepala sekolah sebagai motivator dalam meningkatkan pretasi non akademik menjadikan peserta didik konsisten dalam mengikuti kegiatan ekstrakulikuer dan meningkatnya keikutsertaan peserta didik mengikuti kegiatan ekstrakulikuler yang menjadikan keikutsertaan peserta didik dala perlombaan non akademik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Athpk Fua'adi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 May 2023 05:11
Last Modified: 17 May 2023 05:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22758

Actions (login required)

View Item View Item