..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..KEBIJAKAN MONETER TIDAK KONVENSIONAL BANK SENTRAL JEPANG PERSPEKTIF KEUANGAN ISLAM BEBAS BUNGA

Bekti, Panji Sudono (2023) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..KEBIJAKAN MONETER TIDAK KONVENSIONAL BANK SENTRAL JEPANG PERSPEKTIF KEUANGAN ISLAM BEBAS BUNGA. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
PANJI SUDONO BEKTI_TESIS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Bank sentral Jepang merupakan bank yang menerapkan kebijakan moneter tidak konvensional, berupa menurunkan nilai suku bunga (diskonto). Hal ini merupakan suatu yang baru dan memiliki beberapa resiko terhadap ekonomi, namun kebijakan suku negatif memiliki menyerupai konsep ekonomi bebas riba (bunga/interest) dalam ajaran Islam.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi. Data yang digunakan adalah kebijakan moneter dari bank sentral Jepang. Analisis dengan teori keuangan Islam bebas bunga dari Mohammad Nejatullah Siddiqi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat kesesuaian kebijakan moneter tidak konvensional bank sentral Jepang dengan teori keuangan Islam bebas bunga Mohammad Nejatullah Siddiqi. Karena Jepang bukanlah negara berlandaskan Islam.
Hasil menunjukkan bahwa kebijakan tidak konvensional bank sentral Jepang ditemukan bunga (interest) pada pada beberapa bentuk suku bunga namun ada suku bunga yang negatif, keuangan Islam melarang adanya bunga dalam perekonomian. Alasan dibalik munculnya kebijakan moneter tidak konvensional karena dampak resesi dan deflasi berkepanjangan, bisa jadi karena bunga bank naik ketika harga naik, teori Mohammad Nejatullah Siddiqi menunjukkan bahwa bunga (interest) menyebabkan penurunan ekonomi yang berlanjut dan gagal mendorong pertumbuhan. Suku bunga negatif membuat harga saham naik dan kewirausahaan tumbuh, hal ini sesuai dengan konsep keuangan Islam bebas bunga.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Iza Hanifuddin Shinta Maharani
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 May 2023 07:16
Last Modified: 16 May 2023 07:16
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22753

Actions (login required)

View Item View Item