Rosada, Dewi Mila (2023) Pengaruh Motivasi dan Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di SMAN 1 Jetis Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
206190015_DEWI MILA ROSADA_MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Dalam proses pencapaian tujuan Pendidikan, tidak lepas dari peranan seluruh komponen sekolah, meliputi kepala sekolah, guru, karyawan, pengawas serta masyarakat itu sendiri. Keberadaan guru terbukti sebagai garda terdepan dalam melaksanakan fungsi Pendidikan dan sistem Pendidikan nasional. Untuk menopang keberhasian guru, tentu saja dibutuhkan kepala sekolah yang memiliki jiwa motivator serta supervisor yang baik. Dari hasil observasi, kinerja yang ada sudah teridentifikasi dengan baik, akan tetapi masih terdapat Sebagian guru yang kurang inovatif dalam memvariasikan metode mengajar di kelas.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh motivasi kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMAN 1 Jetis Ponorogo, 2) Untuk mengetahui pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMAN 1 Jetis Ponorogo, 3) Untuk mengetahui pengaruh motivasi dan supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMAN 1 Jetis Ponorogo.
Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis ex-post facto. Untuk memperoleh data, menggunakan teknik sebar angket, observasi dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMAN 1 Jetis Ponorogo yang berjumlah 20 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana dan regresi linear berganda
Hasil penelitian yaitu : 1) Terdapat pengaruh yang signifikan Motivasi kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMAN 1 Jetis Ponorogo, yang diindikasikan dari t hitung = 5,407 dan t tabel = α/2 ; n-k-1 = 0,05/2 ; 20-1-1 = 0,025 ; 18 = 2,101. Analisis perhitungan tersebut menyimpulkan t hitung (5,407) > t tabel (2,101). Maka H0 1 ditolak dan H1 1 diterima. Sedangkan dari R Square sebesar 0,619. Nilai tersebut menerangkan bahwa pengaruh variabel motivasi kepala sekolah terhadap kinerja guru sebesar 61,9 %. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan Supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMAN 1 Jetis Ponorogo, yang diindikasikan dari t hitung = 5,035 dan t tabel = α/2 ; n-k-1 = 0,05/2 ; 20-1-1 = 0,025 ; 18 = 2,101. Analisis perhitungan tersebut menyimpulkan t hitung (5,035) > t tabel (2,101). Maka H0 2 ditolak dan H1 2 diterima. Sedangkan dari R Square sebesar 0,585. Nilai tersebut menjelaskan bahwa pengaruh variabel supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru sebesar 58,5 %. 3) Terdapat pengaruh Bersama-sama secara positif dan signifikan Motivasi dan supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMAN 1 Jetis Ponorogo, yang diindikasikan dari F hitung = 31,806 dan F tabel = K ; n-k = 2 ; 20-2 = 2 ; 18 = 3,55. Analisis perhitungan tersebut menyimpulkan F hitung (31,806) > F tabel (3,55). maka H0 3 ditolak dan H1 3 diterima. Sedangkan nilai R Square sebesar 0,789. Nilai tersebut menggambarkan bahwa variabel motivasi dan supervisi kepala sekolah berpengaruh sebesar 78,9% terhadap kinerja guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Muhammad Thoyib |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 16 May 2023 07:15 |
Last Modified: | 16 May 2023 07:15 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22751 |
Actions (login required)
View Item |