Strategi Pengelolaan Program Siaran Radio Yasmaga FM Ponorogo

Nandansari, Dewi (2023) Strategi Pengelolaan Program Siaran Radio Yasmaga FM Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
302190020_Dewi Nandansari_Komunikasi Penyiaran Islam.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Nandansari, Dewi. 2023. Strategi Pengelolaan Program Siaran Radio Yasmaga
Fm Ponorogo. Skripsi. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas
Ushuluddin, Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo.
Pembimbing Dr. Ahmad Munir, M.Ag.
Kata Kunci : Segmentasi, Targeting, Positioning, Radio, Pangsa Pasar
Radio merupakan media auditif yang hanya bisa didengar, tetapi murah
merakyat dan bisa dibawa kemana -mana atau didengar dimana–mana. Radio ini
juga berfungsi sebagai media ekspresi, komunikasi, informasi, pendidikan dan
hiburan. Radio memiliki kekuatan terbesar sebagai media imajinasi, sebab sebagai
media yang buta, radio menstimulasi begitu banyak suara, dan berupaya
memvisualisasikan suara penyiarnya. Oleh sebab itu untuk merebut pangsa pasar
dalam mempertahankan jumlah pendengar dengan cara menggunakan segmentasi,
targeting dan Positioning dalam merebutkan pangsa pasar radio Yasmaga Fm ini
salah satu radio yang sudah hampir 20 tahun berdiri di kota Ponorogo. Sehingga
radio Yasmaga Fm ini dituntut untuk mempertahankan pendengarnya.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana segmentasi,
Targeting dan Positioning pada program acara yang berada di radio Yasmaga Fm
Ponorogo dalam upaya memperebutkan pangsa pasar. Pengumpulan data ini
dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi yang berkaitan
dengan segmentasi, targeting dan positioning radio Yasmaga Fm. Dalam
penelitian ini, menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Penulis telah
menganalisa data dengan cara menggunakan gambaran data serta kejelasan objek
yang telah diteliti disegala aspek yang ada di radio Yasmaga Fm Ponorogo.
Hasil dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana STP terhadap
program acara radio Yasmaga Fm Ponorogo. Penelitian ini dilakukan di radio
Yasmaga Fm yang beralamatkan Jl. Prahasto No.18 surodikraman. Pertama
Segmentasinya menggunakan variable demografis, geografis serta psikografis.
Targeting pendengarmulai dari 15 tahun sampai dengan 50 tahun keatas dari
intelektual remaja sampai pensiunan. dan positioning radio Yasmaga Fm
Ponorogo menggunakan identifikasi pesaing untuk menentukan posisinya yang
berada pada tingkat diferensiasi dalam tingkat persaingan program acara yang
diunggulkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Munir
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 May 2023 07:14
Last Modified: 16 May 2023 07:14
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22750

Actions (login required)

View Item View Item