...(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Analisis Ekonomi Islam pada Jual Beli Cash on Delivery di Toko Online Shopee

Prayoga, Irvan Nur (2023) ...(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Analisis Ekonomi Islam pada Jual Beli Cash on Delivery di Toko Online Shopee. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
11. SKRIPSI IRVAN NUR PRAYOGA WATERMARK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu E-Comerse yang banyak diminati saat ini adalah marketplace Shopee. Di Shopee banyak sistem pembayaran yang di tawarkan, diantaranya adalah sistem pembayaran COD (cash on delivery). Sistem pembayaran ini adalah sistem yang mana barang dipesan dahulu kemudian pembayaran dilakukan ketika barang sudah sampai di rumah.Pada sistem COD dalam Shopee, terjadi beberapa masalah diantaranya yaitu ketidaksesuain barang pesanan dengan barang yang dikirim oleh penjual. Kejadian tersebut mengakibatkan timbulnya suatu ketidakadilan dalam jual beli, karna kurir yang tidak tahu dengan ketidaksesuaian barang yang di antar, tetapi malah menjadi pelampiasan dari para konsumen Shopee COD, yang mana ini adalah tanggung jawab dari penjual barang di platform Shopee.
Penelitian ini memiliki rumusan 1)Bagaimana E-commerce menggunakan sistem pembayaran Cash on delivery (COD) di toko online Shopee ditinjau dengan prinsip ekonomi Islam ?. 2)Apa faktor-faktor pemilihan sistem pembayaran Cash on delivery (COD) di toko online Shopee ?. 3)Apa dampak sistem pembayaran Cash on delivery (COD) di toko online Shopee ?. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab rumusan-rumusan yang sudah tertulis.
Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara bersama beberapa pihak yang berkaitan dengan masalah tersebut. Pendekatan yang digunakan untuk menggolah data adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini secara garis besar menunjukan bahwa kejadian di lapangan sesuai dengan teori, akan tetapi ditemukan beberapa kejadian dilapangan yang tidak sesuai dengan teori. Temuan tersebut diantaranya ongkos kirim sistem COD di Shopee lebih mahal, juga dikenai biaya pelayanan. Selain itu,proses pengembalian barang tidak dilaksanakan dengan baik. Biasanya ketika barang tida sesuai customer akan melampiaskan ke kurir, yang mana hal itu merupakan tindak ketidakadilan kepada kurir. Peneliti menyimpulkan bahwa perlu adanya peningkatan keamanan pada aplikasi Shopee untuk penjual dan pembeli serta memberi pemahaman kepada customer yang kurang mengerti tentang sistem COD untuk meminimalisir masalah yang terjadi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Tiara Widya Antikasari
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 May 2023 01:14
Last Modified: 16 May 2023 01:14
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22740

Actions (login required)

View Item View Item