Peran Kelompok Tani dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Desa Tokawi Kecamatan Nawangan Kabupaten Pacitan

Marlinawati, Ika (2023) Peran Kelompok Tani dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Desa Tokawi Kecamatan Nawangan Kabupaten Pacitan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
401190080_Ika Marlinawati_Ekonomi Syariah.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kelompok tani merupakan sekumpulan manusia yang beridentitas dengan adat istiadat dalam sistem norma yang mengatur pola-pola interaksi antara manusia. Tujuan dibentuknya kelompok tani ialah untuk mencapai kesejahteraan seluruh anggotanya secara merata. Ada banyak hal yang menjadi permasalahan sampai saat ini belum teratasi seperti halnya ketidakaktifan para pengurus dalam membuat pelatihan bagi anggotanya atau para anggotanya yang tidak mau untuk mengikuti kegiatan yang diadakan kelompok tani.
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisis kegiatan-kegiatan kelompok tani, kendala yang dihadapi kelompok tani, dan dampak kelompok tani. Dalam hal ini metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif. Penelitian kualitatif yang yang dipilih oleh peneliti bersifat deduktif. Yang mana teknik deduktif ini marupakan suatu proses analisis yang berdasar pada hal umum mengarah kekhusus.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kegiatan-kegiatan kelompok tani dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat belum tercapai hal ini disebabkan karena fungsi sebagai kelas belajar, wahana kerjasama,dan wahana produksi belum mampu mempersiapkan dengan baik kebutuhan belajar, belum memiliki kerja sama dengan pendukung usaha tani, dan terbatasnya fasilitas pendukung usaha tani. (2) Faktor penghambat atau kendala dalam kelompok tani yaitu: kurangnya motivasi petani yang mana beberapa petani masih ada yang belum memiliki keinginan dorongan untuk menjalani kegiatan kelompok tani, kurangnya kesadaran terhadap fungsi kelompok tani, kesibukan petani, dan kurangnya tenaga penyuluh. (3) Dampak kelompok tani kesejahteraan ekonomi terdapat peningkatan dari hasil panen, kesejahteraan sosial dukungan dari pemerintah yang mana adanya bantuan seperti pupuk dan bibit, dan dampak kelompok tani kesejahteraan psikologi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Luhur Prasetyo
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 May 2023 01:12
Last Modified: 16 May 2023 01:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22739

Actions (login required)

View Item View Item