Efektivitas direct selling dalam meningkatkan minat nasabah melakukan pembiayaan gadai emas syariah pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo

Rusita, Siwi (2023) Efektivitas direct selling dalam meningkatkan minat nasabah melakukan pembiayaan gadai emas syariah pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
402190271_SIWI DWI RUSITA_PERBANKAN SYARIAH.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Rusita, Siwi Dwi, 2023. Efektivitas direct selling dalam meningkatkan minat nasabah melakukan pembiayaan gadai emas syariah pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo 1. Skripsi. 2023 Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Dr. Shinta Maharani, M.AK.
Kata Kunci : Efektivitas, Direct selling, meningkatkan minat nasabah
Perhiasan seperti emas merupakan barang berharga yang banyak dimiliki masyarakat, karena dapat dijadikan investasi jangka panjang dan untuk kebutuhan yang mendesak. Produk gadai emas syariah di BPRS Mitra Mentari Sejahtera
Ponorogo merupakan produk yang sering di tawarkan kepada masyarakat secara langsung secara dor-to-dor. Namun hal ini tak sejalan dengan peminat dari masyarakat akan produk gadai emas syariah milik BPRS Mitra Mentari Sejahtera
Ponorogo. Dengan tawaran yang diberikan oleh BPRS Mitra Mentari Sejahtera
Ponorogo justru nasabah lebih berminat dengan produk gadai emas di bank konvensional dengan alasan bank konvensional lebih populerdi kalangan masyarakat.
Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data
dilakukan melalui wawancara dengan narasumber yang merupakan nasabah dan masyarakat, pegawai dan direktur BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo. Data yang diperoleh kemudian dilakukan pengecekan keabsahan dengan triangulasi teknik dan sumber, pengolahan data kemudian analisis. Teknik analisis yang digunakan adalah penalaran deduktif.
Hasil menunjukkan bahwa bahwa minat nasabah di pengaruhi oleh perasaan senang dan ketertarikan. Untuk faktor yang mempengaruhi minat nasabah terhadap produk gadai emas syariah yaitu dorongan dalam diri individu, motif sosial dan emosional. Efektivitas direct selling dalam meningkatkan minat nasabah dalam melakukan gadai emas syariah sudah efektif ditinjau dari peningkatan pembiayaan gadai emas syariah namun belum maksimal dilihat dari belum meningkatnya nasabah baru yang melakukan pembiayaan gadai emas syariah di BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Shinta Maharani
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 May 2023 01:10
Last Modified: 16 May 2023 01:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22737

Actions (login required)

View Item View Item