Digitalisasi pada Mitra Sampoerna Retail Community (Studi Penggunaan Aplikasi Ayo SRC di Kecamatan Karas)

Hardiyanto, Ahmad Fikri (2023) Digitalisasi pada Mitra Sampoerna Retail Community (Studi Penggunaan Aplikasi Ayo SRC di Kecamatan Karas). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
401190215_Ahmad Fikri Hardiyanto_Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hardiyanto, Ahmad Fikri, 2023. Digitalisasi pada Mitra Sampoerna Retail Community (Studi Penggunaan Aplikasi Ayo SRC di Kecamatan Karas). Skripsi. 2023. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Tiara Widya Antikasari, M.M.
Kata Kunci: Digitalisasi, Keuntungan, Kualitas Pelayanan.
Teknologi yang berkembang pesat dalam sektor UMKM menyebabkan banyak perusahaan yang mulai bergerak di bidang digital. Salah satuya adalah PT Sampoerna melalui program kemitraan Sampoerna Retail Community (SRC) yang bekerjasama dengan toko kelontong di Indonesia untuk menjadikan sebuah toko kelontong menjadi toko masa kini. Program digitalisasi pada kemitraan SRC sendiri diimplementasikan melalui ekosistem aplikasi Ayo SRC yang dapat membantu pemilik toko dalam mendapatkan berbagai macam keuntungan. Namun, mitra SRC di kecamatan Karas apakah memang benar-benar menjalankan program digitalisasi tersebut?.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dimana pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara. Untuk menganalisa data, penulis menggunakan analisis data secara induktif. Teknik pengolahan data yaitu pemaparan, pemilahan dan penarikan kesimpulan. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Narasumber dalam penelitian ini adalah pemilik toko dan SRC Coach pada wilayah tersebut
Berdasarkan hasil temuan di lapangan menunjukan bahwa digitalisasi pada mitra Sampoerna Retail Community (SRC) sudah efektif untuk dilakukan. Bisa dilihat dari unsur-unsur bisnis digital yaitu pelaku bisnis, alat, kegiatan dan sasarannya, tujuannya, dan beberapa keuntungan yang bisa didapatkan, mayoritas dapat terpenuhi. Performance expectancy (PE), effort expectancy (EE), social influence (SI), dan facilitating conditions (FC), dinilai menjadi latar belakang toko SRC di kecamatan Karas untuk menerapkan program digitalisasi. Program digitalisasi yang dilakukan berpengaruh terhadap peningkatan kuntungan dan kualitas pelayanan pada toko kelontong walaupun masih belum efektif untuk dilakukan karena sebagian besar toko masih belum menggunakan aplikasi Ayo SRC Kasir dan Ayo SRC Kelontong.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Tiara Widya Antikasari
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 May 2023 07:51
Last Modified: 15 May 2023 07:51
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22736

Actions (login required)

View Item View Item