Pembentukan Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Di Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIN Ponorogo Melalui Praktik Magang II

Damayanti, Maya Putri (2023) Pembentukan Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Di Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIN Ponorogo Melalui Praktik Magang II. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201190407_MAYA PUTRI DAMAYANTI_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Damayanti, Maya Putri. 2023. Pembentukan Kompetensi Pedagogik Mahasiswa di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ponorogo melalui Praktik Magang II. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Mukhibat, M.Ag.
Kata Kunci: Pembentukan, Kompetensi Pedagogik, Praktik Magang II
Fenomena umum yang terjadi adalah persoalan mengenai guru yang tidak sederhana menyebabkan rendahnya kompetensi guru. Oleh karena itu diperlukan adanya persiapan dan bekal yang cukup bagi mahasiswa calon guru untuk menjadi pendidik yang berkompeten. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo sebagai salah satu Instansi Perguruan Tinggi yang menyediakan prodi ilmu keguruan yang berada di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan mengupayakan agar mahasiswa pendidikan agama Islam mampu menjadi calon pendidik yang berkualitas dengan menguasai kompetensi menjadi guru, tidak terkecuali kompetensi pedagogik. Melalui praktik magang II FTIK IAIN Ponorogo sebagai bekal pengalaman mahasiswa calon guru PAI untuk membentuk kompetensi pedagogiknya.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan langkah-langkah yang dilakukan oleh Jurusan PAI di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ponorogo dalam membentuk kompetensi pedagogik mahasiswa melalui praktik magang II, (2) Mendeskripsikan peran guru pamong pada pelaksanaan program magang II di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ponorogo dalam membentuk kompetensi pedagogik mahasiswa.
Penelitian ini dirancang menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, obervasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah model analisa Miles dan Hubberman berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah (1) Langkah-langkah yang dilakukan Jurusan PAI dalam membentuk kompetensi pedagogik mahasiswa PAI adalah dengan menetapkan kurikulum PAI sebagai pedoman dalam menyelenggarakan kegiatan perkuliahan di lingkup jurusan PAI, kelas micro teaching yang wajib diikuti seluruh mahasiswa PAI sebagai bentuk latihan mengajar dengan lingkup terbatas sebagai bekal sebelum mahasiswa melaksanakan real teaching, kegiatan magang I dan magang II. (2) Peran guru pamong pada pelaksanaan praktik magang II merujuk pada buku pedoman praktikum magang II, dalam kegiatan magang II ini meliputi: tahap perencanaan meliputi pembagian kelompok beserta lokasi magang, dan penentuan DPL. Tahap pelaksanaan mahasiswa melakukan real teaching sebanyak 4 (empat) kali pertemuan dengan RPP yang telah dikonsultasikan kepada guru pamong. Bimbingan dan pendampingan dilakukan pada saat mahasiswa merancang RPP yang akan digunakan untuk mengajar dan merevisi apabila dirasa masih ada yang kurang. Pengawasan dan pengamatan yang diakukan pada saat mahasiswa melaksanakan pembelajaran di kelas, dengan memberikan evaluasi dan refleksi kepada mahasiswa calon guru sebagai bahan perbaikan dalam rangka membentuk kompetensi pedagogiknya. Tahap evaluasi, mahasiswa magang II membuat laporan magang baik secara individu dan secara kelompok. Pada tahap ini guru pamong memberikan penilaian hasil akhir kegiatan magang II mahasiswa calon guru secara obyektif. Dari hasil penelitian bahwasannya pada pratiknya di lapangan menunjukkan kesesuaian yang memberikan out put dengan terbentuknya kompetensi pedagogik mahasiswa PAI dengan peran guru pamong dalam memberikan bimibingan kepada mahasiswa magang II.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhibat
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 May 2023 07:48
Last Modified: 15 May 2023 07:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22732

Actions (login required)

View Item View Item