Sistem Pengupahan di Bimbingan Belajar Harimatika Singosaren Ponorogo Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam

Putri JH, Vicky Novita (2023) Sistem Pengupahan di Bimbingan Belajar Harimatika Singosaren Ponorogo Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
401180326_Vicky Novita_Ekonomi syariah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Abstrak
Putri JH, Vicky Novita. Sistem Pengupahan di Bimbingan Belajar Harimatika Singosaren Ponorogo Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. Skripsi. 2023. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Dr. Aji Damanuri, M.E.I.
Kata Kunci: Upah, Etika Bisnis Islam
Penelitian ini di latarbelakangi oleh adanya bimbingan belajar di Desa Singosaren, Jenangan, Ponorogo. Salah satu bimbingan belajar yang berdiri di wilayah Ponorogo. Bimbingan belajar tersebut memiliki kekurangan atau kendala yang perlu di perbaiki yaitu tentor yang bekerja di Bimbingan Belajar Harimatika belum mendapat haknya dengan baik. Pemilik Bimbingan Belajar Harimatika tidak memberikan upahnya secara tepat waktu. Sedangkan dalam akad awal, tentor yang bekerja akan diberikan upah sesuai kesepakatan yaitu upah bulanan. Akan tetapi, pemilik Bimbingan Belajar Harimatika memberikan upah tentor lebih dari satu bulan.
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisa seperti apa sistem pengupahan tentor pada Bimbingan Belajar Harimatika serta untuk menganalisa bagaimana standar penetapan upah dan waktu pembayaran upah tentor pada Bimbingan Belajar Harimatika ditinjau dari etika bisnis islam.
Hasil penelitian tinjauan etika bisnis islam terhadap 1) Pembayaran upah tentor di Bimbingan Belajar Harimatika dalam praktiknya belum sesuai dengan prinsip etika bisnis Islam dalam pengupahan karena pembayaran tidak sesuai dengan kesepakatan dan etika bisnis Islam yang berkaitan tentang menyegerakan pembayaran upah. 2) Standar upah yang diberikan kepada tentor belum memenuhi standar pengupahan pada umunya. 3) Waktu pembayaran upah tentor di Bimbingan Belajar Harimatika sering mengalami keterlambatan dengan kendala seperti pendapatan menurun, bahan baku naik, dan manajemen keuangan yang kurang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Aji Damanuri
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 May 2023 03:07
Last Modified: 15 May 2023 03:07
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22730

Actions (login required)

View Item View Item