Analisis Etika Bisnis Islam Terhadap Praktik Jual Beli Online Pada Santri Darul Huda Mayak Ponorogo

Suciana, Hawaningrum (2023) Analisis Etika Bisnis Islam Terhadap Praktik Jual Beli Online Pada Santri Darul Huda Mayak Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
401190077_Hawaningrum Suciana_Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Suciana, Hawaningrum. Analisis Etika Bisnis Islam Terhadap Praktik Jual Beli Online Santri Darul Huda Mayak Ponorogo. Skripsi. 2023. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Dr. Aji Damanuri, M.E.I.

Kata kunci: Etika bisnis islam, Jual Beli Online, Penjual Online

Etika bisnis islam merupakan akhlak dalam menjalankan bisnis sesuai dengan nilai-nilai islam, sehingga dalam melaksanakan bisnisnya tidak perlu ada kekhawatiran sebab sudah diyakini sebagai sesuatu yang baik dan benar. Tujuan adanya etika bisnis untuk menjalankan dan menciptakan sebuah bisnis seadil mungkin dan menjauhkan dari apa yang dilarang oleh Allah SWT dan menjalankan apa yang diajarakan. Ada banyak hal yang menjadi permasalahan sampai saat ini mengenai jual beli yang tidak sesuai dengan etika bisnis. Seperti penjual online yang dalam penjualannya tidak menjelaskan kriteria produk yang dijual secara jelas dan gambar yang upload bukan gambar aslinya.

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisis kualitas barang, waktu pengiriman barang dan penetapan harga ditinjau dari etika bisnis islam. Dalam hal ini metode yanng digunakan adalah metode analisis deskriptif. Penelitian kualitatif yang dipilih oleh peneliti bersifat deduktif. Yang mana teknik ini merupakan suatu proses analisis yang berdasar pada hal umum mengarah kekhusus.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tinjaun etika bisnis islam terhadap kualitas jual beli barang yang dilakukan santri darul huda mayak ada yang tidak sesuai dengan etika bisnis islam, karena dalam memberikan gambar keterangan tidak sesuai dengan yang aslinya, namun ada beberapa penjual yang sudah sesuai dengan etika bisnis islam yang meneroakan prinsip kejujuran dalam memberikan foto dan keterangan yang sesuai dengan barangnya. Hal tersebut tidak sesuaai dengan prinsip etika bisnis islam dalam kejujuran dan kebenaran sebab termasuk penipuan. Dalam waktu pengiriman barang yang dilakukan penjual online tidak sesuai dengan etika karena melebihi batas waktu pengiriman masih ada yang melebihi batas waktu kesepakatan, namun penjual online lainnya dalam waktu pengiriman sesuai dengan kesepakatan diawal dan jika ada barang yang rusak penjual online mengganti rugi dari barang yang datang terlambat akibat dari kerusakan barang. Dan penentuan harga penjual online yang mengatakan gratis ongkir ternyata ketika barang datang terdapat ongkir dan memberikan harga tidak sesuai dengan prinsip keadilan yang mana harga tidak setara dengan barangnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Aji Damanuri
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 May 2023 03:06
Last Modified: 15 May 2023 03:06
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22729

Actions (login required)

View Item View Item