Minat Berwirausaha Mahasiswa Setelah Melaksanakan Praktikum Kewirauaahaan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo

Astutik, Putri isma (2023) Minat Berwirausaha Mahasiswa Setelah Melaksanakan Praktikum Kewirauaahaan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
401190153_Putri Isma Astutik_Ekonomi Syariah (1).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Astutik, Isma, Putri Minat Berwirausaha Mahasiswa Setelah Melaksanakan Praktikum Kewirausahaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo. Skripsi. 2023. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing, Muchtim Humaidi, M.IRKH.
Kata Kunci: Minat Berwirausaha, Praktikum Kewirausahaan.
Minat merupakan dorongan atau keinginan dalam diri pada objek tertentu. Yang dimaksud minat berwirausaha adalah kecenderungan hati dalam diri untuk tetarik menciptakan suatu usaha yang kemudian mengorganisir, mengatur, menanggung risiko dan mengembangkan usaha yang diciptakanya tersebut. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisis minat berwirausaha mahasiswa setelah melaksanakan praktikum kewirausahaan, kendala yang menurunkan minat berwirausaha pada mahasiswa setelah melaksanakan praktikum kewirausahaan, dan dampak praktikum kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa.
Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik pengecekan keabsahan data yang diperoleh, peneliti menggunakan teknik triangulasi.
Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan menunjukan bahwa setelah praktikum kewirausahan mahasiswa memiliki minat berwirausaha namun minat tersebut hanya sebuah keinginan. Kendala yang menurunkan minat berwirausaha mahasiswa yaitu karena modal, kurang percaya diri, tidak mempunyai keberanian, kurangnya dukungan keluarga. Sedangkan dampak dari praktikum kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa dapat memberi pengaruh positif dan negatif, dampak positif seperti, mendapat pengalaman, mengetahui tata cara berwirausaha, mental terlatih dan mengetahui cara jika terjadi resiko. Dampak negatif seperti, menurunya minat berwirausaha, rasa malas mencoba, dan kurang percaya diri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhtim Humaidi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 May 2023 03:03
Last Modified: 15 May 2023 03:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22723

Actions (login required)

View Item View Item