Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PUDAM) Kabupaten Ponorogo dalam Tinjauan Ekonomi Islam

Laily, Zainatin Nadhoroh (2023) Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PUDAM) Kabupaten Ponorogo dalam Tinjauan Ekonomi Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
skripsi zaina upload.pdf

Download (929kB) | Preview

Abstract

Laily, Zainatun Nadhoroh. 2023. Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PUDAM) Kabupaten Ponorogo dalam Tinjauan Ekonomi Islam. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Ajeng Wahyuni, M.Pd.
Kata kunci: Strategi, Kualitas pelayanan, Pelayanan dalam islam.
PUDAM Kabupaten Ponorogo Sebagai perusahaan yang memiliki kegiatan utama memberikan pelayanan publik, yaitu menyalurkan layanan air bersih kepada masyarakat khususnya Kabupaten Ponorogo. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi serta wawancara secara langsung dengan informan. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh Perusahaan Umum Daerah Air Minum Kabupaten Ponorogo dalam meningkatkan kualitas pelayanan, kendala serta dampak dari penerapan strategi tersebut.
Hasil dari penelitian ini adalah penerapan strategi peningkatan kualitas pelayanan pada Perusahaan Umum Daerah Air Minum Kabupaten Ponorogo yaitu dengan menerapkan pedoman 4K (Kualitas, Kuantitas, Kontinuitas, dan Keterjangkauan). Strategi kualitas dengan menjaga kualitas air serta kualitas pelayanan, strategi kuantitas dengan menjaga debit air, strategi kontinuitas dengan selalu menanggapi keluhan para pelanggan, dan strategi keterjangkauan dengan berusaha menjangkau seluruh wilayah Kabupaten Ponorogo serta memberikan harga yang terjangkau untuk pemasangan baru. Sehingga perlu dilakukan peningkatan kinerja para pegawai khususnya dalam menangani masalah keluhan dari para pelanggan. Sedangkan kendala yang dialami oleh perusahaan dalam menerapkan strategi yaitu kendala internal berupa sistem kantor yang error dan seringkali terjadi miss komunikasi pegawai, sedangkan yang menjadi kendala eksternal yaitu kondisi alam serta kondisi lingkungan yang tidak bisa di prediksi. Adapun dampak yang timbul dari penerapan strategi peningkatan kualitas pelayanan tersebut dampak positifnya yaitu berupa terpenuhinya kebutuhan air pada masyarakat yang membutuhkan, sedangkan dampak negatifnya yaitu banyak pelanggan yang merasa kurang puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh perusahaan serta ada beberapa masyarakat yang merasa dirugikan dengan adanya sumber air PUDAM tersebut, karena hal tersebut diyakini masyarakat menyebabkan sumber air mereka menjadi sedikit. Dengan demikian perusahaan sudah seharusnya bertanggung jawab atas pelayanan yang diberikan kepada pelanggan maupun masyarakat yang bersangkutan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ajeng Wahyuni
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 May 2023 03:02
Last Modified: 15 May 2023 03:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22722

Actions (login required)

View Item View Item