..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..Manajemen Program Keterampilan Multimedia Pada Madrasah Unggul (Studi Kasus MAN 1 Magetan)

Cahyani, Aprilia Eka (2023) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..Manajemen Program Keterampilan Multimedia Pada Madrasah Unggul (Studi Kasus MAN 1 Magetan). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
206190008_APRILIA EKA CAHYANI_ Manajemen Pendidikan Islam.pdf

Download (955kB) | Preview

Abstract

Pendidikan memiliki peran penting dalam pengembangan keterampilan peserta diidk.
Madrasah menjadi salah satu lembaga pendidikan formal yang memberikan bekal pada peserta
didik yang bukan hanya dengan kemampuan kognitif berupa kemampuan agama khususnya,
tetapi juga memberikan bekal peserta didik dengan kemampuan hidup lainnya, seperti
keterampilan yang mana mampu menjadi bekal peserta didik untuk terjun berdampingan dengan
masyarakat.
Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan dan menganalisis manajemen program
keterampilan multimedia melalui (1) perencanaan program keterampilan multimedia di MAN 1
Magetan. (2) Pelaksanaan program keterampilan multimedia di MAN 1 Magetan. (3) Evaluasi
program keterampilan multimedia di MAN 1 Magetan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dengan
menggunakan teknik pengumpulan data penelitian berupa wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Sumber data wawancara penelitian ini diantaranya Kepala Madrasah, Wakil
Kepala Madrasah Bidang Kurikulum, Koordinator Program Keterampilan, Guru Program
Keterampilan Multimedia. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik reduksi data,
penyajian data, dan verivikasi data untuk memperoleh kesimpulan dari data yang dikumpulkan.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut: (1)
Perencanaan program keterampilan multimedia di MAN 1 Magetan dimulai dengan menentukan
komponen-komponen pelaksanaan program yaitu dengan merumuskan tujuan program,
menyusun kurikulum, pemilihan guru pendidik, pemilihan peserta didik program keterampilan
multimedia, pengadaan sarana prasarana penunjang pembelajaran, dan pembiayaan pelaksanaan
program madrasah mendapatkan anggaran pelaksanaan dari pemerintah, tetapi madrasah tetap
memberikan anggaran tersendiri dalam pelaksanaan program keterampilan multimedia. (2) Pelaksanaan program keterampilan multimedia di MAN 1 Magetan mengacu pada SK Dirjen
Pendidikan Islam tahun 2020. Program keterampilan multimedia dilaksanakan dalam proses
pembelajaran dengan menggunakan dua metode pembelajaran, yaitu metode pembelajaran teori
dan metode pembelajaran praktik. Madrasah juga bekerjasama dengan beberapa mitra dalam
pelaksanaan program keterampilan multimedia. (3) Evaluasi pelaksanaan program keterampilan
multimedia di MAN 1 Magetan dilakukan dengan dua macam evaluasi, yaitu evaluasi
pelaksanaan program keterampilan multimedia dan evaluasi pembelajaran program keterampilan
multimedia. Evaluasi program dilakukan dengan mengadakan rapat bersama dengan stakeholder
madrasah setiap satu semester sekali. Evaluasi pembelajaran dilakukan oleh guru pendidik yang
dilaksanakan pada tengan semester dan akhir semester. Selain itu, dengan adanya pelaksanaan
evaluasi ini dapat diketahui apa saja dampak dari pelaksanaan program keterampilan multimedia
di MAN 1 Magetan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmadi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 May 2023 03:01
Last Modified: 15 May 2023 03:01
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22720

Actions (login required)

View Item View Item