Strategi Dakwah GP Ansor Dalam Membentuk Karakter Religius Pemuda di Desa Bareng Kecamatan Pudak

Saputra, Kelvin Dian (2023) Strategi Dakwah GP Ansor Dalam Membentuk Karakter Religius Pemuda di Desa Bareng Kecamatan Pudak. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
E-THESIS KELVIN DIAN SAPUTRA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Saputra, Kelvin Dian. Strategi Dakwah GP Ansor Dalam Membentuk Karakter Religius Pemuda Di Desa Bareng Kecamatan Pudak. Skripsi. 2023. Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Dr. Muh. Tasrif, M.Ag.
Kata kunci : Strategi dakwah, GP Ansor PAC Pudak, karakter religius, pemuda.
Perkembangan globalisasi yang semakin pesat merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi baik tidaknya akhlak seseorang, terlebih para pemuda. Lingkungan merupakan salah satu faktor yang sangat mempengaruhi terbentuknya karakter seseorang. Maka dari itu, Gerakan Pemuda (GP) Ansor hadir di tengah kalangan masyarakat dengan berbagai aktivitas-aktivitas menggunakan strategi dakwah yang dilaksanakan agar dapat membenahi karakter pemuda yang lebih religius.
Tujuan utama penelitian ini yaitu untuk menganalisis dan mengetahui jenis strategi yang digunakan GP Anṣor dalam berdakwah serta bagaimana pengaruhnya terhadap perubahan karakter religius pemuda Desa Bareng.
Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengambil data primer mengenai data tentang strategi dakwah yang digunakan GP Ansor dalam membentuk karakter religius dan data perubahan karakter religius pemuda di Desa Bareng Kecamatan Pudak. Peneliti juga menggunakan data sekunder yang berasal dari jurnal, buku, dan sumber lainnya. Dengan menggunakan jenis penelitian field research peneliti terjun secara langsung ke lapangan untuk menggali data penelitian. Wawancara yang dilakukan peneliti kepada informan penelitian yaitu pengurus GP Ansor PAC Pudak sebanyak 6 informan. Sedangkan jenis wawancara yang digunakan peneliti adalah wawancara semi terstruktur agar data dapat digali lebih banyak.
Dari hasil penelitian yang peneliti lakukan dapat disimpulkan bahwa GP Ansor PAC Pudak menggunakan strategi indrawi (al-manhajj al-hissy), dimana metode yang dihimpun oleh strategi ini adalah praktik keagamaan dan keteladanan. Terbukti dengan adanya berbagai kegiatan agama seperti Majelis Dzikir Sholawat (MDS), tahlilan, istighotsah, dan khataman Al-Qur’an. Sedangkan dampak yang ditimbulkan dari kegiatan ini adalah dapat mengubah kebiasaan pemuda yang ada di Desa Bareng meliputi : (1) Keagamaan, dari yang semula mereka menggunakan waktu luangnya untuk nongkrong, setelah ada kegiatan MDS ini mereka kerap menggunakan waktu luangnya untuk mengikuti acara yang diadakan oleh GP Ansor PAC Pudak. (2) Sosial, dari aspek sosial perubahan yang ditunjukkan oleh pemuda Desa Bareng adalah yang semula mereka jarang berkumpul dengan masyarakat lain saat acara yang diadakan oleh GP Ansor PAC Pudak, mereka menjadi sering berkumpul dengan masyarakat saat aktivitas sehingga pergaulan mereka menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muh. Tasrif
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 May 2023 03:00
Last Modified: 15 May 2023 03:00
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22719

Actions (login required)

View Item View Item