..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar Di SMK N 1 Jenangan Ponorogo

Nihayah, Ema Zulfa (2023) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar Di SMK N 1 Jenangan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
206190021_Ema Zulfa Nihayah_MPI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Nihayah, Ema Zulfa. 2023. Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar di SMK N 1 Jenangan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Ahmadi, M.Ag.
Kata Kunci: Manajemen Kurikulum, Merdeka Belajar, SMK N 1 Jenangan
Merdeka belajar merupakan strategi untuk menuju demokrasi pendidikan yang mempunyai komponen yaitu berorientasi oada pengembangan karakter dann kompetensi umum pada anak. Menteri pendidikan Nadiem Makarim mencetuskan kebijakan yang diberi nama “ Merdeka Belajar”, melalui kebijakan merdeka belajar diharapkan mampu membentuk karakter peserta didik yang berani, cerdas, mandiri, sopan santun ketika berinteraksi. Merdeka belajar didasari dari keinginan agar output dari pendidikan menghasilkan kualitas yang lebih dan tidak hanya menghasilkan peserta didik yang handal dalam menghafal tetapi juga memiliki kemampuan analisis yang tajam, penalaran serta pemahaman yang komprehensif dalam pembelajaran untuk mengembangkan diri dan potensinya.
Peneliti mengadakan penelitian dengan tujuan untuk mendeskripsikan: (1) Perencanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, (2) Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, (3) Evaluasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Dan teknik yang dipilih dalam analisis data adalah reduksi data, display data dan verifikasi data untuk menarik kesimpulan dari data yang dikumpulkan.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Perencanaan projek penguatan profil pelajar pancasila di SMK N 1 Jenangan Ponorogo dimulai dari sekolah membentuk tim koordinator dan tim fasilitator yang terdiri dari guru mata pelajaran masing-masing. Kemudian merancang alokasi waktu pelaksanaan projek dan dimensi projek untuk setiap tema agar dapat memetakan sebaran pelaksanaan projek di sekolah. Melakukan penyusunan modul projek yang digunakan sebagai acuan pelaksanaan projek penguatan profil pelajar pancasila. Terakhir pemilihan tema dan dimensi projek disesuaikan pada kebutuhan lingkungan peserta didik. (2) Implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila di SMK N 1 Jenangan Ponorogo dimulai dari tahap pengenalan, kontekstualisasi, aksi, dan refleksi. Dalam pelaksanaan projek juga terdapat kendal-kendala seperti kurangnya peralatan projek, kurang kolaborasi tim, anggaran , serta kesiapan peserta didik. (3) Evaluasi projek penguatan profil pelajar pancasila di SMK N 1 Jenangan Ponorogo dilaksanakan dua jenis evaluasi yaitu evaluasi proses dan evaluasi hasil. Evaluasi proses dilakukan melalui rapat bersama dan setiap satu pekan sekali setelah kegiatan projek penguatan profil pelajar pancasila dilaksanakan. Dalam evaluasi ini melibatkan beberapa pihak seperti tim koordinator , tim fasilitator, kepala sekolah dan waka kurikulum yang bertujuan untuk melihat kesesuaian antara perencanaan yang telah dibuat sebelumnya dengan pelaksanaan yang saat ini berjalan, sedangkan evaluasi hasil berfokuskan pada penilaian sikap jadi dalam projek penguatan profil pelajar pancasila ini jadi tidak ada penilaian pengetahuan yaitu UTS dan UAS tetapi pada akhir semester akan diberikan raport khusus P5. SMK N 1 Jenangan melaksanakan refleksi. Dengan adanya refleksi kepada peserta didik maka tim kordinator dan tim fasilitator bisa mengetahui tindakan apa yang harus dilakukan selanjutnya. Kesimpulannya dari dilaksanakan refleksi, antusias dan semangat peserta didik di setiap tema yang dilaksanakan meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmadi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 May 2023 02:59
Last Modified: 15 May 2023 02:59
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22716

Actions (login required)

View Item View Item