..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN, PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..Dampak pengetahuan dan kesadaran konsumen dalam produk halal MUI terhadap label Mie Gacoan di Kabupaten Ponorogo

Lukitarina, Lukitarina (2023) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN, PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..Dampak pengetahuan dan kesadaran konsumen dalam produk halal MUI terhadap label Mie Gacoan di Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
401190106_Lukitarina_ES.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengetahuan halal dapat diartikan sebagai persepsi konsumen terhadap produk yang halal. Sementara kesadaran halal merupakan salah satu hal yang harus di perhatikan oleh konsumen untuk mencari dan mengkonsumsi makanan yang halal sesuai dengan syariat agama Islam. Pada produk Mie Gacoan, secara resmi sertifikat halal MUI pada bahan bakunya telah didapatkan, namun sertifikat dan logo halal untuk produknya masih belum bisa didapatkan. Hal ini terjadi karena Mie Gacoan menggunakan nama-nama menyeramkan (makhluk gaib) yang jelas bertentangan dengan syariat dan kemungkinan besar mengarahkan pada kekufuran.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengetahuan dan kesadaran konsumen tentang Halal MUI terhadap Mie Gacoan serta dampaknya terhadap halal MUI pada produk Mie Gacoan. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik analisis meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil dari penelitian menyimpulkan bahwa konsumen Mie Gacoan memiliki pengetahuan yang rendah dan kesadaran ekstrinsik terhadap halal Mie Gacoan. Pengetahuan dan kesadaran konsumen Mie Gacoan terhadap halal MUI tidak memberikan dampak negatif pada label Mie Gacoan. Konsumen tetap memilih Mie Gacoan meskipun belum adanya sertifikasi halal dari MUI.
Kata kunci: Pengetahuan, Kesadaran, Halal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mansur Azis
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 May 2023 02:58
Last Modified: 15 May 2023 02:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22715

Actions (login required)

View Item View Item