Implementasi Good Corporate Governance Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Al-Mabrur Ponorogo

Priyandini, Elisa Alfi (2023) Implementasi Good Corporate Governance Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Al-Mabrur Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Elisa Alfi P (Web).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kata kunci: Prinsip Good Corporate Governance, Kinerja, Kendala
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh penerapan Good Corporate Governance dalam kinerja karyawan di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Al-Mabrur. Setelah diadakannya penelitian, masih ada beberapa karyawan belum menerapkan dengan baik dalam kinerja. Belum diterapkannya Good Corporate Governance ini dibuktikan dengan beberapa karyawan masih lalai dalam pekerjaannya melalui sikap displin terutama waktu. Masih banyak karyawan yang masih datang tidak tepat waktu.
Jenis pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, artinya penelitian yang dilakukan dengan maksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian. Tahapan dalam teknik pengolahan data kualitatif, yaitu mereduksi data dengan merangkup hasil wawancara dengan karyawan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Al-Mabrur Ponorogo, penyajian data berupa teks naratif, dan juga kesimpulan dari perolehan data tersebut. Sasaran objek penelitian untuk wawancara adalah karyawan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Al-Mabrur Ponorogo, terutama HRD.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Good Corporate Governance dapat meningkatkan kinerja karyawan dengan menerapkan prinsip keterbukaan, akuntabilitas, tanggung jawab, kemandirian dan kewajaran. Akan tetapi, masih ada beberapa karyawan yang belum bisa menerapkan prinsip tersebut terutama pada prinsip tanggung jawab. Kendala dalam menerapkan prinsip tersebut diakibatkan kelalaian dari masing-masing karyawan namun hal tersebut bisa diatasi dengan adanya teguran dari pimpinan dan juga evaluasi pada rapat rutin. Penerapan Good Corporate Governance dilaksanakan dengan baik akan berdampak positif bagi karyawan dan juga kinerja dari bank itu sendiri dengan meningkatnya kepercayaan masyarakat untuk menggunakan jasa bank untuk melakukan transaksi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Said Abadi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 May 2023 07:31
Last Modified: 10 May 2023 07:31
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22707

Actions (login required)

View Item View Item