Efektivitas Promosi Islami Untuk Meningkatkan Jumlah Nasabah Pada PT Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Al Mabrur Ponorogo

Maghfiroh, Tsamroti Inayatul (2023) Efektivitas Promosi Islami Untuk Meningkatkan Jumlah Nasabah Pada PT Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Al Mabrur Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
402190279_Tsamroti Inayatul Maghfiroh_Perbankan Syariah.pdf.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Abstrak
Efektivitas merupakan ukuran dalam mencapai tujuan atau sasaran yang telah ditetapkan dalam setiap organisasi. Promosi merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menarik masyarakat agar membeli produk atau menggunakan jasa yang ditawarkan, dalam Islam promosi harus memuat nilai-nilai keislaman dalam pelaksanaanya, efektivitas promosi dilihat dari seberapa banyak masyarakat yang menerima tawaran dan memutuskan untuk menjadi konsumen atau nasabah serta menunjukkan sejauh mana promosi dilakukan secara optimal sesuai dengan tujuan dan sasaran yang ditetapkan sebelumnya.
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana pelaksanaan promosi islami yang dilakukan oleh BPRS Al Mabrur Ponorogo serta faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaanya, selain itu tujuan lain adalah untuk mengetahui keefektivan promosi islami dalam meningkatkan jumlah nasabah pada BPRS Al Mabrur Ponorogo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan promosi islami pada BPRS Al Mabrur Ponorogo menggunakan empat sarana yakni periklanan, penjualan pribadi, promosi penjualan dan publisitas, yang keseluruhan sudah menerapkan nilai keislaman dalam pelaksanaanya. Adapun faktor pendukung dalam pelaksanaan promosi islami adalah tujuan promosi dan masyarakat di Ponorogo yang mayoritas penduduknya muslim, sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya pemahaman masyarakat mengenai Bank syariah dan kurangnya pengelolaan sarana periklanan media sosial. Dalam hal efektivitas sarana promosi islami yang diterapkan mampu meningkatkan jumlah nasabah setiap tahunnya, namun untuk jumlah nasabah yang dimilki BPRS Al Mabrur jika dibandingakan dengan potensi masyarakat muslim yang berada di Kabupaten Ponorogo, masih belum efektif dan perlu dikembangakan serta diperhatikan dari keseluruhan sarana promosi yang digunakan terutama pada pengelolaan digital marketing nya.

Kata Kunci: Efektivitas, Promosi Islami

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Amin Wahyudi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 May 2023 02:41
Last Modified: 10 May 2023 02:41
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22700

Actions (login required)

View Item View Item