Manajemen Bisnis Syariah Pada UMKM Tas dan Dompet Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Desa Rejoslamet

Farikha, Nur Lailatul (2023) Manajemen Bisnis Syariah Pada UMKM Tas dan Dompet Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Desa Rejoslamet. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
401190143_NUR LAILATUL FARIKHA_EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Farikha, Lailatul, Nur. “Manajemen Bisnis Syariah Pada UMKM Tas dan Dompet Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Desa Rejoslamet.” Skripsi. 2023. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Dr. Amin Wahyudi, M.E.I.
Kata Kunci: Manajemen, Bisnis Syariah, Kesejahteraan.
Kesejahteraan merupakan aspek yang memperlihatkan perubahan kehidupan seseorang meningkat atau tidak terhadap keadaan yang lebih baik dalam masyarakat. Kesejahteraan dapat terpenuhi apabila pendapatan seseorang tersebut meningkat. Dalam ekonomi Islam kesejahteraan yang harus dipenuhi, yaitu kesejahteraan material dan spiritual. Sedangkan, dalam mengelola bisnis pelaku usaha harus menerapkan nilai-nilai yang ada manajemen bisnis syariah, yaitu keadilan, kehalalan dan kejujuran agar terwujudnya kemaslahatan bagi semua orang. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa kegiatan bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah tas dan dompet dalam mensejahterakan masyarakat Desa Rejoslamet. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan melakukan pencarian data secara langsung dengan melihat objek yang diteliti. Peneliti melaksanakan penelitian di UMKM tas dan Dompet Desa Rejoslamet untuk meneliti kegiatan bisnis yang dijalankan. Dalam penelitian ini, jika dilihat dari jenis datanya maka penelitian ini termasuk kedalam penelitian kualitatif. Dari hasil penelitian, dapat diketahui bahwa kegiatan bisnis UMKM tas dan dompet di Desa Rejoslamet berdampak positif bagi kesejahteraan masyarakat. Dan dalam penerapan manajemen bisnis syariah adalah produk yang dihasilkan halal, mekanisme pengupahan yang adil atau sepadan dengan beban pekerjaan, promosi yang tidak mengandung unsur sara dan menerapkan kejujuran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Amin Wahyudi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 May 2023 02:40
Last Modified: 10 May 2023 02:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22698

Actions (login required)

View Item View Item