Manajemen Risiko Terhadap Pembiayaan Kepemilikan Rumah Syariah di Perumahan Griya As-Sakinah PT Sabab Podho Moro Madiun

A'yun, Qonita Qurrota (2023) Manajemen Risiko Terhadap Pembiayaan Kepemilikan Rumah Syariah di Perumahan Griya As-Sakinah PT Sabab Podho Moro Madiun. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
501210026_ QONITA QURROTA A'YUN_S2 EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (988kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Perumahan Griya As-Sakinah PT. Sabab Podho Moro Madiun merupakan salah satu developer property syariah terbesar se-Madiun Selatan. Konsep pembiayaan yang digunakan oleh PT. Sabab Podho Moro adalah konsep syariah tanpa bunga, tanpa denda, tanpa sita, tanpa akad bermasalah, tanpa BI-Checking, dan tanpa ribet. Penerapan konsep syariah terutama konsep tanpa ribet telah memberikan dampak positif bagi perusahaan. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan jumlah pembiayaan sebanyak 11 user setiap tahunnya. Akan tetapi, adanya peningkatan tersebut pihak developer tidak menerapkan analisis prinsip 5C secara lengkap kepada user. Developer hanya menerapkan analisis prinsip 2C, yaitu capacity dan capital. Adanya penerapan konsep kemudahan ternyata memicu terjadinya risiko pada pembiayaan KPR Syariah seperti adanya pembiayaan bermasalah, adanya pembatalan pembiayaan, keterlambatan pembayaran hutang material, keterlambatan serah terima bangunan, dan adanya risiko perbedaan ukuran tanah.
Pada penelitian ini Peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan, dengan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti melakukan wawancara kepada pihak developer (Direktur, Manager Marketing, Manager Pembangunan, Staff Marketing, Staff Administrasi Keuangan, Staff Administrasi Gudang, dan Tim Teknik), dan 3 (tiga) user Perumahan Griya As-Sakinah PT. Sabab Podho Moro Madiun. Penelitian ini menggunakan analisis data dengan metode induktif.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi risiko, menganalisis penilaian risiko pembiayaan kepemilikan rumah syariah, faktor-faktor penyebab terjadinya risiko, dan proses manajemen risiko pada pembiayaan kepemilikan rumah syariah di Perumahan Griya As-Sakinah PT. Sabab Podho Moro Madiun.
Hasil kesimpulan dalam penelitian ini adalah saat ini pembiayaan kepemilikan rumah syariah di Perumahan Griya As-Sakinah PT. Sabab Podho Moro Madiun mengalami beberapa risiko, yaitu: risiko pembiayaan, risiko likuiditas, risiko operasional, dan risiko kepatuhan. Penilaian risiko pada pembiayaan kepemilikan rumah syariah di Perumahan Griya As-Sakinah
PT. Sabab Podho Moro Madiun berada pada peringkat 4, yaitu high-fair. Faktor-faktor penyebab terjadinya risiko pembiayaan di Perumahan Griya As-Sakinah
PT. Sabab Podho Moro Madiun berasal dari developer (proses internal manajemen, SDM, dan cashflow), dan faktor dari user (profitabilitas, prospek, character, capacity, dan condition user). Proses penerapan manajemen risiko pada pembiayaan kepemilikan rumah syariah PT. Sabab Podho Moro belum sepenuhnya menerapkan tahapan manajemen risiko. Pihak developer lebih mengutamakan konsep fleksibilitas dan asas kekeluargaan kepada user.
Kata Kunci: Asas Kekeluargaan, Konsep Fleksibilitas, Manajemen Risiko, Pembiayaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: 1. Ely Masykuroh 2. Luhur Prasetya
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 May 2023 04:00
Last Modified: 09 May 2023 04:00
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22697

Actions (login required)

View Item View Item