Penanaman Sikap Anti Perundungan Verbal Melalui Pembelajaran IPS Siswa SMPN 1 Siman Ponorogo

Sholihah, Aini Nur (2023) Penanaman Sikap Anti Perundungan Verbal Melalui Pembelajaran IPS Siswa SMPN 1 Siman Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi Aini Nur Sholihah.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Abstrak

Aini, Nur Sholihah. 2023. Penanaman Sikap Anti Perundungan Verbal melalui Pembelajaran IPS Siswa SMPN 1 Siman, Ponorogo. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pegetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. M. Syafiq Humaisi, M.Pd.
Kata Kunci: Penanaman Sikap, Perundungan Verbal, Pembelajaran IPS
Perilaku perundungan merupakan sebuah masalah sosial yang dari zaman dahulu ada akan tetapi masih berlarut hingga saat ini, pelaku ini sering terjadi pada anak-anak atau remaja terutama di lingkungan sekolah. Perilaku perundungan verbal merupakan bentuk perundungan yang sering terjadi dan harus ditindaklanjuti karena akan berdampak pada buruk bagi pelaku dan korban perundungan. Perundungan verbal merupakan berupa julukan nama, celaan, fitnah, kritik kejam, penghinaan dan, pernyataan-pernyataan bernuansa ajakan seksual atau pelecehan seksual. Untuk meminimalisasi masalah perundungan verbal tersebut harus ada penanaman sikap anti perundungan, yang mana dapat diterapkan melalui pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, karena dalam Ilmu Pengetahuan Sosial terdapat kesesuaian proses pembelajarannya dengan lingkungan, karakteristik, dan kebutuhan siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan strategi penanaman sikap anti perundungan verbal melalui pembelajaran IPS siswa SMPN 1 Siman, Ponorogo. (2) Mendeskripsikan faktor penyebab siswa melakukan perundungan verbal di SMPN 1 Siman, Ponorogo. (3) Mendeskripsikan dampak penanaman sikap anti perundungan verbal dalam pembelajaran IPS Siswa di SMPN 1 Siman, Ponorogo.
Untuk menjawab pertanyaan diatas penelitian ini disusun dengan rancangan metode penelitian kualitatif. Adapun jenis penelitian dalam skripsi ini menggunakan kualitatif deskriptif. Teknik Pengumpulan data yang di laksanakan di SMPN 1 Siman, Ponorogo dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi yang dilakukan berulang kali. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pola interaktif dengan reduksi data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) Strategi penanaman sikap anti perundungan verbal melalui pembelajaran IPS siswa SMPN 1 Siman, Ponorogo yaitu Pertama, pada saat pembelajaran IPS berlangsung ada juga materi tentang konflik dalam kehidupan sosial pada buku paket kelas VIII hal ini juga menyinggung tentang larangan perundungan verbal antar sesama teman ataupun guru. Kedua, menerapkan sikap toleransi dan peduli antar sesama. Ketiga, melalui kerjasama atau kelompok diskusi pada saat pembelajaran IPS berlangsung. (2) Adapun faktor penyebabnya perundungan yaitu: Faktor internal siswa, faktor keluarga terutama pola asuh orang tua, lingkungan sekolah dan masyarakat, dan teman sebaya. (3) Dampak penanaman sikap anti perundungan verbal dalam pembelajaran IPS siswa SMPN 1 Siman, Ponorogo dianggap mampu untuk mencegah perilaku perundungan verbal. Nilai-nilai yang terkandung dalam pendidikan IPS mengajarkan siswa untuk saling bekerjasama satu sama lain. Proses pembelajaran yang dilakukan dikelas efektif untuk mencegah perilaku perundungan verbal ketika guru menerapkan model pembelejaran kelompok diskusi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M Syafiq Humaisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 May 2023 03:59
Last Modified: 09 May 2023 03:59
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22696

Actions (login required)

View Item View Item