Sinergitas Pengelola dan Pedagang dalam Meningkatkan Animo Berbelanja Masyarakat di Pasar Caruban Baru Kabupaten Madiun

Trianadya, Ayu (2023) Sinergitas Pengelola dan Pedagang dalam Meningkatkan Animo Berbelanja Masyarakat di Pasar Caruban Baru Kabupaten Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
401190234_AYU TRIANADYA_ES.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kata kunci: Sinergitas Pengelola dan Pedagang, Animo, Berbelanja, Pasar.
Eksistensi pasar tradisional mulai tergeser dengan adanya pasar modern yang berkembang pesat. Hal ini berdampak terhadap penurunan pengunjung di Pasar Caruban Baru. Menurunnya pengunjung yang datang, mengakibatkan kerugian untuk pedagang dan pengelola. Upaya sinergitas dari pengelola dan pedagang, tentu harus dilakukan untuk dapat mengembalikan animo masyarakat berbelanja di Pasar Caruban Baru. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pelaksanaan sinergitas antara pengelola dan pedagang dalam meningkatkan animo berbelanja masyarakat di Pasar Caruban Baru. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kerjasama. Sebab teori ini mampu menjawab permasalahan terkait pelakasaan sinergitas, dimana sinergitas yang dilakukan bisa dilihat dari seberapa bersinerginya kerjasama yang dilakukan oleh pengelola dan pedagang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis field research sebab dilakukan dengan terjun langsung ke Pasar Caruban Baru dan mendalami sinergitas antara pengelola dan pedagang pasar sebagai suatu kasus. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang bertujuan memaparkan hasil pengamatan tanpa diadakan pengujian hipotesis. Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi peneliti di Pasar Caruban Baru, wawancara dengan pengelola, pedagang, serta pengunjung, dan dokumentasi dari kantor pengelola.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sinergitas yang dilakukan oleh pengelola dan pedagang masih kurang dalam hal peningkatan animo berbelanja masyarakat di Pasar Caruban Baru. Dalam pelaksanaan sinergitas, juga terdapat beberapa faktor penghambat seperti kurangnya komunikasi yang terjalin secara efektif antara pengelola dan pedagang. Kesadaran pedagang untuk diajak kerjasama dengan pengelola masih rendah. Begitupula dengan upaya ataupun strategi yang dilakukan oleh pengelola dalam mengelola dan meramaikan pasar masih belum dilakukan secara maksimal, sehingga peningkatan animo berbelanja masyarakat di pasar juga belum terlihat secara signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Iza Hanifuddin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 May 2023 03:59
Last Modified: 09 May 2023 03:59
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22695

Actions (login required)

View Item View Item