Peran Kepemimpinan Dalam Meningkatkan Etos Kerja Karyawan Di Amarta Mlilir

Yusrany, Fatihah Izzatul (2023) Peran Kepemimpinan Dalam Meningkatkan Etos Kerja Karyawan Di Amarta Mlilir. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
401190072 Fatihah Izzatul Yusrany Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu yang dapat mempengaruhi etos kerja karyawan adalah peran dari pemimpin tersebut. Dalam rangka mewujudkan karyawan yang mampu mencapai prestasi kerja sesuai dengan yang diharapkan tentunya membutuhkan peran pimpinan. Peneliti menemukan permasalahan di lapangan yaitu karyawan sering tidak mengetahui daftar harga barang sehingga adanya komplainan dari konsumen. Selain itu evaluasi yang hanya dilakukan setiap bulan karena adanya suatu kesibukan dari pihak pemimpin usaha dalam hal ini permasalahan selama satu bulan harus ditampung dulu dan bisa disampaikan pada saat evaluasi saja, hal ini menjadi tonggak permasalahan dalam memicu kurang semangatnya karyawan dalam menjalankan pekerjaan seperti mengabaikan kedisiplinan waktu jam kerja, bahkan ada yang melakukan tindakan diluar batas seperti mengambil barang. Dalam hal ini peneliti tertarik untuk meneliti lebih lanjut dengan merumuskan masalah berupa kepemimpinan yang diterapkan, strategi yang diterapkan, dan dampak dari kepemimpinan terhadap etos kerja karyawan. Tujuan dari peneltian ini adalah untuk menganalisa peran kepemimpinan dalam meningkatkan etos kerja karyawan. Dengan informan pemimpin dan kelima karyawan Amarta Mlilir.
Metode yang digunakan menggunakan penelitian kualitatif dimana peneliti akan memfokuskan pada penggalian data di lapangan dengan menggunakan teknik berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi dan dituangkan kedalam tulisan berupa kalimat yang sistematis, menghasilkan data deskriptif kualitatif dalam bentuk teks atau ucapan dari objek dan perilaku yang diamati. Dengan teknik keabsahan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi. Triangulasi sumber dengam wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk triangulasi teknik dengan melakukan pengecekan pada data yang telah diperoleh dari sumber yang sama menggunakan teknik yang berbeda seperti data yang diperoleh dari hasil observasi, kemudian dicek dengan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran pemimpin dalam upaya meningkatkan etos kerja karyawan cukup baik, hal ini dibuktikan dengan hasil wawancara kepada pemimpin dan karyawan Amarta Mlilir bahwasanya kepemimpinan yang diterapkan sudah cukup baik meskipun masih ada beberapa kendala yang perlu untuk diperbaiki, tetapi pemimpin dan karyawan selalu terhubung agar menyelesaikan permasalahan yang ada. Strategi yang diterapkan bagi karyawan seperti hal ini terlihat dari sikap maupun cara yang diterapkan sebagai pemimpin di Amarta Mlilir. Peran yang sangat penting dalam meningkatkan kedisiplinan dengan selalu berkomunikasi dengan baik dan memberikan contoh baik, salah satu pentingnya pemimpin dalam meningkatkan etos kerja. Selanjutnya berdampak kepada karyawan lebih bersemangat terkait tugas dan tanggungjawab yang diberikan kepada masing-masing karyawan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Luthfi Hadi Aminuddin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 May 2023 05:56
Last Modified: 08 May 2023 05:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22692

Actions (login required)

View Item View Item