..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PENGESAHAN, GUNAKAN TTD ASLI DI ATAS MATERAI PADA LEMBAR KEASLIAN TULISAN, UPLAD ULANG)..Model Pembelajaran Ekstrakurikuler Kaligrafi Di Madrasah Aliyah Al-Islamiyah Uteran Madiun

Indrawan, Raid (2022) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PENGESAHAN, GUNAKAN TTD ASLI DI ATAS MATERAI PADA LEMBAR KEASLIAN TULISAN, UPLAD ULANG)..Model Pembelajaran Ekstrakurikuler Kaligrafi Di Madrasah Aliyah Al-Islamiyah Uteran Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180416_Raid Indrawa_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Indrawan, Raid, 2022. Model Pembelajaran Ekstrakurikuler Kaligrafi Di Madrasah Aliyah Al-Islamiyah Uteran Madiun.
Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiayah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Yusmicha Ulya Afif, M.Pd.I.
Kata Kunci : Strategi Guru, Ekstrakurikuler, Kaligrafi

Pembelajaran kaligrafi banyak diselenggarakan oleh lembaga-lembaga formal maupun non-formal. Lembaga formal yang menyelengarakan kegiatan pembelajran kaligrafi diantaranya seperti sekolah, sedangkan lembaga non-formalnya sendiri seperti pondok pesantren. Madrasah Aliyah Al-Islamiyah Uteran Madiun merupakan salah satu sekolah berbasis pondok pesantren, yaitu pondok pesantren Daarul Ahkaam. Oleh sebab itu, hal tersebut perlu adanya perhatian khusus serta tanggung jawab lebih seorang guru dalam mendidik peserta didiknya. Selain itu guru juga melihat adanya potensi minat dan bakat peserta didik yang dapat dikembangkan melalui Ekstrakurikuler kaligrafi. Selain itu untuk mengatasi dan mengurangi kesalahan dalam menulis huruf arab seperti saat peserta didik menulis ayat-ayat suci Al-Qur’an. Karena dengan media belajar kaligrafi diharapkan dapat tertanam nilai-nilai edukasi.
Tujuan dari Penelitian ini yaitu (1) Untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran ekstrakurikuler kaligrafi di Madrasah Aliyah Al-Islamiyah Uteran Madiun (2) Untuk mendeskripsikan kendala pembelajaran ekstrakurikuler kaligrafi di Madrasah Aliyah Al-Islamiyah Uteran Madiun (3) Untuk mendesripsikan solusi pembelajaran ekstrakurikuler kaligrafi di Madrasah Aliyah Al-Islamiyah Uteran Madiun.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Dimana peneliti langsung datang ke lapangan untuk mengetahui fenomena yang terjadi, sesuai rumusan masalah yang sudah disusun yaitu berlokasi di Madrasah Aliyah Al-Islamiyah Uteran Madiun. Pengumpulan data dalam Penelitian ini melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis yang telah digunakan adalah menurut Miles dan Huberman, dan Saldana diantaranya: kondensasi (data condensation), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusions drawing).
Berdasarkan hasil penelitian mengenai strategi guru dalam meningkatkan kemampuan menulis huruf arab melalui ekstrakurikuler kaligrafi di Madrasah Aliyah Al-Islamiyah Uteran Madiun tahun ajaran 2021-2022. Guru menggunakan metode demosntrasi, kemudian juga terdapat langkah-langkah mengenai metode demonstrasi yang dilakukan oleh guru di dalam pembelajarannya. Selain itu di dalam pembelajaran kaligrafi juga terdapat kendala, yaitu terkait dengan keterbatasan waktu yang telah disediakan oleh madrasah. Kemudian untuk menagatasi kendala tersebut guru memberikan solusi yaitu dengan menggabungkan pembelajaran kaligrafi secara tatap muka dan pembelajaran daring (blended learning), guru juga memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertemu secara langsung di luar kegaiatan Ekstrakurikuler untuk melakukan bimbingan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yusmicha Ulya Afif
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 May 2023 05:55
Last Modified: 08 May 2023 05:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22690

Actions (login required)

View Item View Item