Peran Kegiatan Ekstrakulikuler Keagamaan dalam Meningkatkan Kedisiplinan Ibadah Siswa di MA Ma'arif Al-Ishlah Bungkal Ponorogo

Nafis, Jihan (2023) Peran Kegiatan Ekstrakulikuler Keagamaan dalam Meningkatkan Kedisiplinan Ibadah Siswa di MA Ma'arif Al-Ishlah Bungkal Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201190387_Jihan Nafis_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Nafis, Jihan. 2023. Peran Kegiatan Ekstrakulikuler Keagamaan dalam Meningkatkan Kedisiplinan Ibadah Siswa di MA Ma’arif Al-Ishlah Bungkal Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Pembimbing: Dr. Sutoyo, M.Ag.
Kata Kunci: Ekstrakulikuler Keagamaan, Kedisiplinan Ibadah
Di MA Ma’arif Al-Ishlah Bungkal Ponorogo terdapat kegiatan pembiasaan setiap hari yaitu pembiasaan membaca Al-Qur’an, pembiasaan shalat Dhuha berjamaah dan shalat Dzuhur berjamaah. Berdasarkan permasalahan yang ada terkait kedisiplinan, masih terdapat beberapa siswa yang enggan melaksanakan ibadah yang telah di tentukan, berangkat dari permasalahan tersebut mendorong peneliti untuk mengangkat rumusan masalah penelitian. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: bagaimana peran kegiatan ekstrakulikuler keagamaan dalam meningkatkan kedisiplinan ibadah siswa di MA Ma’arif Al-Ishlah Bungkal Ponorogo?
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pelaksanaan kegiatan ekstrakulikuler Habsy dalam meningkatkan kedisiplinan ibadah siswa di MA Ma’arif Al-Ishlah Bungkal Ponorogo, (2) pelaksanaan kegiatan ekstrakulikuler Muhadarah dalam meningkatkan kedisiplinan ibadah siswa di MA Ma’arif Al- Ishlah Bungkal Ponorogo, (3) peran kegiatan ekstrakulikuler keagamaan dalam meningkatkan kedisiplinan ibadah siswa di MA Ma’arif Al-Ishlah Bungkal Ponorogo, dan (4) faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan kegiatan ekstrakulikuler keagamaan di MA Ma’arif Al-Ishlah Bungkal Ponorogo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara semi terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verification). Uji keabsahan data penelitian dengan perpanjangan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan (1) pelaksanaan kegiatan ekstrakulikuler Habsy dilaksanakan setiap hari Rabu setelah pulang sekolah sehingga membentuk suatu keteladanan dan pembiasaan. (2) pelaksanaan kegiatan ekstrakulikuler Muhadarah dilaksanakan setiap hari Sabtu dan peningkatkan kedisiplinan dalam beribadah melalui pengetahuan. (3) peran kegiatan ekstrakulikuler keagamaan dalam meningkatkan kedisiplinan ibadah siswa di MA Ma’arif Al-Ishlah Bungkal Ponorogo yaitu melalui pembiasaan, pengetahuan dan keteladanan. (4) faktor pendukung pelaksanaan kegiatan ekstrakulikuler keagamaan di MA Ma’arif Al- Ishlah Bungkal Ponorogo terdapat pada guru yang sudah ada, sarana prasarana yang lengkap dan antusias siswa, sedangkan faktor penghambatnya terdapat pada jadwal kegiatan yang berbenturan dengan kegiatan lain, ketidakpastian kehadiran guru pembina ekstrakulikuler, serta manajement madrasah yang masih kurang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sutoyo
Subjects: 03 CHEMICAL SCIENCES > 0399 Other Chemical Sciences > 039999 Chemical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 May 2023 05:42
Last Modified: 08 May 2023 05:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22688

Actions (login required)

View Item View Item