Manajemen Risiko Pembiayaan pada Produk Mutabarok Bunda Sejahtera di BPRS Magetan untuk Menekan Pembiayaan Bermasalah

Arifin, Melfi Mutia (2023) Manajemen Risiko Pembiayaan pada Produk Mutabarok Bunda Sejahtera di BPRS Magetan untuk Menekan Pembiayaan Bermasalah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Melfi Mutia Arifin_Skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Arifin, Melfi Mutia. Manajemen Risiko Pembiayaan pada Produk Mutabarok Bunda Sejahtera di BPRS Magetan untuk Menekan Pembiayaan Bermasalah. Skripsi. 2023. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Moh. Faizin, M.S.E.
Kata Kunci: Manajemen Risiko, Mutabarok, Pembiayaan Bermasalah
Kajian skripsi ini dilatar belakangi Dalam pembiayaan mutabarok bunda sejahtera melakukan analisis pembiayaan dengan menggunakan 4C+1S. 4C disini yaitu character, capital, capacity, dan condition lalu 1S yaitu Syariah. Dalam pembiayaan mutabarok tidak menggunakan collateral (jaminan), sehingga pembiayaan ini sangatlah beresiko terutama jika ada nasabah yang wanprestasi. Sehingga manajemen risiko pada produk pembiayaan ini sangatlah dibutuhkan untuk menekan risiko tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pelaksanaan Manajemen Risiko Pembiayaan yang diterapkan pada Pembiayaan Mutabarok Bunda Sejahtera, menganalisis faktor yang mendorong pelaksanaan Manajemen Risiko Pembiayaan pada Pembiayaan Mutabarok Bunda Sejahtera, dan mengulas dampak dari penerapan Manajemen Risiko Pembiayaan pada Pembiayaan Mutabarok Bunda Sejahtera terhadap pembiayaan bermasalah di BPRS Magetan.
Metode dan jenis penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data peneliti melakukan wawancara, dokumentasi dan observasi. Dalam pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi teknik. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yaitu mencatat secara teliti segala fenomena yang dilihat maupun didengar dan untuk menjawab tujuan penelitian ini.
Hasil dari penelitian ini yaitu BPRS Magetan sudah menerapkan manajemen risiko pada pembiayaan Mutabarok Bunda Sejahtera sesuai mekanisme yang berlaku. Pembiayaan Mutabarok Bunda Sejahtera merupakan pembiayaan tanpa adanya agunan/jaminan, sehingga resikonya tinggi. Maka dari itu manajemen risiko pembiayaan sangatlah diperlukan dalam pembiayaan ini, agar dapat meminimalisir risiko yang akan timbul nantinya. Penerapan manajemen risiko pembiayaan pada pembiayaan Mutabarok Bunda sejahtera sudah dilaksanakan sesuai dengan mekanisme yang berlaku, tetapi penerapan manajemen risiko tersebut tidak efektif, yang dapat diketahui dari jumlah nasabah bermasalah pada pembiayaan tersebut yang terus meningkat tiap tahunnya, yang dimulai dari tahun 2020-2022.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Faizin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 May 2023 01:46
Last Modified: 03 May 2023 01:46
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22683

Actions (login required)

View Item View Item